Pangeran Sogiri

BOGOR – Untuk mengenal Kota Bogor tidak ada salahnya kita mengenal juga tokoh atau orang yang dituakan (karuhun -pen). Kali ini dijelaskan secara sekilas tokoh Bogor, Pangeran Sogiri atau Pangeran Sageri. Nama tokoh ini sudah dijadikan salah satu nama jalan di daerah Tanah Baru, Bogor Utara.

Dalam silsilah kesultanan Banten, pangeran Sogiri atau dikenal dengan nama pangeran Sugiri atau Pangeran Sageri adalah putra dari Sultan Ageng Tirtayasa -’Abul Fath ‘Abdul Fattah (1651-1672) yang juga masih keturunan Syarif Hidayatullah.

Sebenarnya Pangeran Sogiri mempunyai dua saudara yang lain yaitu Maulana Mansyuruddin, makamnya terletak di Cikadueun Banten, Pangeran Sake atau juga dikenal dengan nama Pangeran Soheh, makamnya terletak di Citeureup. Sedangkan Pangeran Sogiri dimakamkan di Jatinegara Jakarta.

Tidak ada yang tau pasti kenapa Pangeran Sogiri dsampai di Jatinegara dan dimakamkan disana. Konon menurut cerita yang berkembang Pangeran Sogiri juga pernah melawan penjajah Belanda, dalam perjalanan perang melawan Belanda ini mungkin Sogiri sampai ke Jatinegara.

Meskipun keturunan raja, Pangeran Sogiri yang punya kecendrungan sufi lebih memilih menjadi santri ketimbang meneruskan menjadi seorang pamong seperti ayahnya. Selain itu sebagai anak kedua ia pun tidak dijadikan putra mahkota oleh ayahnya karena ada Maulana Masyurudin.

Sejatinya Pangeran Sogiri tidak pernah tinggal di Bogor, tetapi keturunannya banyak yang tinggal hingga wafat dan dimakamkan di Bogor. Putra Pangeran Sogiri diantaranya Pangeran Kanzul Arifin dan Raden Koyong, keduanya dimakamkan di Jatinegara disamping ayahnya. [sumber: Gentra Madani]

About these ads

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Tulisan ini dipublikasikan di Bogor Tempo Doeloe, Sejarah, Tokoh. Tandai permalink.

123 Balasan ke Pangeran Sogiri

  1. jumantoro berkata:

    saya ingin mengetahui keturunan-keturunan raden kan’an sampai yang masih ada (belum meninggal). ini penting bagi saya karena konon keluarga saya masih kerabat raden kan’an. bagi yang mengetahuinya, tolong untuk mengirimkan balasan ke e-mail saya. terima kasih.

  2. kang asep stokis hpa bogor berkata:

    saya suka ikut solawatan setiap malam selasa di majelis taklim assogiri loo mas, mulainya jam 9 s/d 11 terasa nikmaaat sekali ke hati,. dan katanya ustad atau kiai nya juga keturunan Pangeran Asogiri. kalu mau tahu ikut saja malam selasa solawatan nya enaaak sekali. dan sekali lagi tidak sirik loooo

  3. alfie_khc berkata:

    Mamah saya(Raden Haji Maryamah Salim) katanya keturunan dari pangeran Sageri sedang suadara saudaranya berasal dari keturunan Pangeran Sake.

    • ofung kun berkata:

      Ass…abdi salah stu jamaah shalawatan,hyong silaturahmi sareng jamaah2 shalawatan ponpes assogiri,tanah baru,bogor..hubungi wae saya di twitt:@elgifary_ atawa pin 282FB731…hatur nuhun!!wass

  4. Diding berkata:

    Saya ingin tahu, tentang silsilah Pangeran Sake soalnya alm. Ayah, Paman, Uwa dll kalau hadiah / tahlil sering menyebut nama mulai dari pangeran Paka sampai Pangeran Sake

    • oto subrata subardi berkata:

      bisa datang saja ke ciapus gg. pala rt. 04/01 desa. tamansari kec. tamansari kab. bogor. insya allah keluarga sy bisa membantu, karena keluarga saya juga keturunan langsung dari pangeran sake. makasih.

      • oto berkata:

        hamputen abdi nu aya kaleupatan tina nyarios ieu. maksud abdi mah hoyong memererat tali silaturahmi sareng baraya anu masih keneh katurunan.

      • ceppi supriatna berkata:

        Assalamualaikum. wr. wb.
        Hapunten sateuacanna, sim kuring kawiatan amanah ti pun bapa H.M.A. Kosasih Syafe’i (ayeuna linggih di Tasikmalaya), anjeuna hoyong terang laratan silsilah keluarga pangeran Sake. Pun bapa teh putu-na Ende Siti Khadijah anu saurna putri Pangeran Sake. manawi uninga,, hatur nuhun..

  5. bai berkata:

    Ga sengaja.. ternyata banyak juga respond dari keturunan shogiri ini..
    kenapa tdk buat acara aja untuk kumpul, siapa tau bisa dibentuk perwakilan di tiap kota untuk COOLBEST(kluarga besar) ASHOGIRI.
    Setuju ?!

    • raden didit jamaludin berkata:

      kya’y Ga GmPanG Bwt aCr sPrti itu….
      Hpunten sanes na teu stuju…BiLih na nynDonG nu kiRanG nGartos..kin nU aya sLh tanGGapn..
      makLum sifat jaLmi teh Benten2…Punten.

    • Zainal Khan berkata:

      Acara silaturrahim keturunan Pangeran Maulana Asshoghiri selalu diadakan bertepatan dengan Haul Beliau pada bulan Robi’ul Awal di Maqom nya.

  6. bai berkata:

    siapa yang bisa buat lembar silsilah yang bisa siisi setiap COOLBEST ASHOGIRI secara elektronik.
    jadi jelasdari mana kita asal/karuhun

    • raden didit jamaludin berkata:

      Rupi naMah teu kdah di serat didiyeu nya…Pami hoyonG LanGkunG teranG mah DonGkap we ka MAJLIS….nGajaGi BiLih nyondonG nU teu ReMen ka JURIAH.

    • Zainal Khan berkata:

      Mohon maaf, mengenai silsilah itu saya sangat tidak setuju dibuat elektronik apalagi dipublikasikan.
      Karena pada dasarnya silsilah bukan untuk diumbar melainkan littabarruk dan lil-i’tibar
      Agar mendapat kebarokahan dan mengambil contoh mulia dari para leluhur.
      Terima Kasih
      Sekali lagi Mohon Maaf…

  7. Iman Nugraha berkata:

    @Bai: ide bagus tuh Kang…boleh dicoba tuh! Saya mendukung aja.

    Salam,

  8. bai berkata:

    Dulur-dulur,
    saena urang ngariung siraturrahmi nyambungkeyn tali sangkan teu terus pareumeun obor pan hawatos ka karuhun.

  9. bai berkata:

    Dulur-dulur,
    saena urang ngariung siraturrahmi nyambungkeyn tali sangkan teu terus pareumeun obor pan hawatos ka karuhun.

    Silahkan untuk yg mau membantu kirimin ke radenbowi@yahoo.com
    :data urut keluarga (misal :uyut,kake,nenek ), mungkin dari situ saya bisa susun dan kita bisa sama-sama cari tau dari mana kita berasal..
    wassalam

  10. SUHAEPI SYAMSUDDIN berkata:

    boleh jg tuh ide na bwt coolbest as-shogiri,
    tp klo bisa dr nasab pangeran sake jg bisa gabung ya….

  11. tough berkata:

    Kalau dari dokumen keturrunan yang gw punya ini :

    Ratu Mahmud Addah Bin Raden Arif Bin Pangeran Ahmad Shogiri bin Sultan Abd Fatah bin Sultan Abu Ma’ali Ahmad bin Sultan Mufakhir Mahmuddin Abd qodir bin Sultan Maulana Nasruddin bin Maulana Yusuf bin Maulana Hasannudin Sultan Banten Sunan Kingking Bin Maulana Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati ….

    Mungking sampe situ dulu aja…krn panjang banget …..itu dari silsilah kel. kalau mungkin ada keterunan pangeran shogiri yang lain mungkin aja dari istri yang beda….krn dari silsilah yang diatas itu ada yang mempunyai istri lebih dari satu…semoga bermanfaat untuk doa dan anak2 keturunan kita selanjutnya…Amin

  12. Bai berkata:

    Buat coolbest shogiriah selamat hari raya taqoballahu minna wa minkum.. mohon ma’f lahir batin, semoga allah tetap menjaga tali siraturahmi yang kita jalin ini amin ya robb.

  13. Atieq Z. Muttaqien berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Tipayun sim kuring neda sihapunten ka dulur2 sakaruhun boh bilih dianggap akon2 katurunan Pangeran, sakali deui paralun. si kuring salah sawios katurunan mantenna, saluyu pisan tur ngadukung kana prakarsa ngaraketkeun duduluran nguatkeun silaturrahim antara katurunan Pangeran Ashogiri. kanggo ngalancarkeun komunikasi tiasa kontak ka sim kuring ka no. tlp. 0251-8211672 atanapi ka no. hp. 081399559957. mangga diantos. wassalam Wr. Wb.

  14. m.norsatya berkata:

    Asslm Wr Wb. Salam kenal,saya keturunan ke-10 dari Pangeran Sageri yang dimakamkan di pemakaman keluarga besar Pangeran Jayakarta di JATINEGARA KAUM (bukan sekedar Jatinegara),saat ini saya berdomisili di Cibubur,membaca artikel di atas saya sekedar ingin menambahkan&menginformasikan bahwa berdasar silsilah keluarga besar saya,saudara Pangeran Sageri tidak hanya 2,karena putra-putri dari Sultan Ageng Tirtayasa yang tercatat ada 29. Lantas tentang Pangeran Sageri sampai disana karena beliau berjuang melawan Belanda di Batavia membantu Pangeran Jayakarta/Jaketra III yang merupakan familinya “Kakek Pa’de” tepatnya kakak dari nenek Pangeran Sageri. (Pangeran Sageri,berayah Sultan Ageng Tirtayasa yang beribu Ratu Mertakusuma adik dari Pangeran Jayakarta/Jakerta III. Wassalam Wr. Wb

  15. m.norsatya berkata:

    di paragraf terakhir artikel ini tertulis: “Putra Pangeran Sogiri diantaranya Pangeran Kanzul Arifin dan Raden Koyong, keduanya dimakamkan di Jatinegara disamping ayahnya.” Just Info: Raden Koyong sebenarnya adalah putra dari Pangeran Kanzul Arifin, putra dari Pangeran Sogiri, jadi lebih tepatnya kalau Raden Koyong merupakan cucu (bukan putera) Pangeran Sogiri, dan beliau putera Pangeran Kanzul Arifin bukan saudaranya,karena kebetulan dari jalur mereka inilah silsilah saya bersambung ke Pangeran Sageri/Sogiri -wassallam-

  16. Atieq Z. Muttaqien berkata:

    Ass.Wr.Wb. Salam kenal khusus Kang M. Norsatya umumnya buat “sakumna” keturunan Pangeran Sogiri. Kang saya salah seorang keturunan beliau ingin sekali kenal dengan akang. saya sekarang tinggal di Ciranjang Kel. Pamoyanan Bogor Selatan.saya keturunan dari ayah asal Sukaraja dan ibu dari Tanah Baru Bogor. Wassalam

  17. Joed berkata:

    Ass…semua keturunan pangeran pendiri Jakarta, saya yang tinggal di Jatinegara Kaum juga merupakan turunan dari leluhur namun saya merasakan ketidak harmonisan hidup antar cucu keturunan!!! Sudah terhisap dalam lingkaran hidup “liberal” puting beliung urban Jakarta! seharusnya sebagai keturunan yang berkewajiban menjaga keutuhan budaya, adat istiadat, dan menjaga nama baik leluhur! Paling tidak ada kesadaran bersama bahwa kita adalah pewaris nama pahlawan yang harus di jaga wibawanya & kehormatannya!!! Atau lewat milis ini sebagai sarana silaturahmi mengajak semua bisa seperti daerah lain ada raja sebagai pemangku adat!!! Sbg simbol bahwa kita mempunyai keistimewaan sbg keturunan Pangeran Jayakarta yang tidak pernah melepaskan adat istiadat dan keluhuran jiwa pahlawan!!!!

  18. r.lukman.nh berkata:

    assalammualaikum..kumaha dulur daramang nepangkeun abdi saderek anjeun sadayana ti raden kanan tanah baru, wengi enjing diantos solawatana is the best pangeran sogiri ti zalmi doif r lukman bin r tanu bin r raus bin r abdurrahman bin r oto suryawinata bin r muharif bin r ustam bin sohibul maqom r kanan bin r koyong bin r kanzul arifin bin pangeran sogiri.

  19. rudy berkata:

    Assalammualaikum…, kebetulan kakek saya juga di makamkan di area pemakaman Keluarga Besar Pangeran Jayakarta namanya Rd. H. Yusuf Mukti dari Bogor.
    mudah2an dapat menyambung tali silaturahmi.
    wassalam Wr. Wb.

  20. Nugie berkata:

    Kepada Yth. Ibu Atieq Z. Muttaqien, Assalamualaikum, salam perkenalan. Kebetulan keluarga kami juga bernasab kepada Pangeran Sageri, melalui leluhur kami yang berasal dari Tanah Baru.
    Boleh kami tahu silsilah keluarga Ibu? Karena berdasarkan keterangan Ibu di atas, keluarga ibu juga berasal dari Tanah Baru. Semoga dapat menjalin silaturahmi dan saling bertukar informasi. Terima kasih banyak sebelumnya. Wassalam.

  21. Forum Karuhun Sunda berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb,

    Pak Iman Nugraha, mohon izin untuk berbagi informasi tentang Group Karuhun Sunda.

    Bagi para saderek sadulur keturunan dari Eyang Pangeran Sageri, diinformasikan bahwa kini sudah ada group “Karuhun Sunda” di Facebook.

    Group ini bertujuan untuk mengumpulkan “Urang Sunda” pada umumnya, dan berfokus kepada genealogi ataupun silsilah leluhur Urang Sunda pada khususnya.

    Dalam Group ini kita akan berbagi data dan informasi mengenai silsilah berbagai trah dari Karuhun Sunda, misalnya Trah Tjikoendoel, Banten, Bogor, Ciamis, Sumedang, dll.

    Selain untuk menjalin silaturahmi antara “Saderek, Sadulur”, Group ini juga bisa digunakan sebagai sarana bagi kita untuk mencari dan mencocokkan data silsilah keluarga kita masing-masing.

    Untuk menjadi member Group Karuhun Sunda, silahkan kirimkan email ke: forumkaruhunsunda@gmail.com. Dalam email tersebut, Saudara sekalian WAJIB untuk menyertakan informasi/data mengenai catatan silsilah keluarga Saudara, sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi bagi seluruh anggota Group Karuhun Sunda, karena berbagi informasi dan menjalin silaturahmi adalah tujuan utama dari Group ini.

    Mangga, diantosan di Group Karuhun Sunda. Hatur Nuhun sadayana. Wassalam.

  22. ahmad khotib berkata:

    tolong kirim nama anak dan cucunya pangeran sageri dong . karena aku ada yang lupa bang! ditunggu ya balasannya

  23. R. Andri Karyadi berkata:

    Assalammualaikum Tpngken abdi R.Andri bin r.kardi bin r. Hasyim bin r.soma bin r. Taing bin r.sena bin r. Adeng bin r. Ahmad putra shohibul karomah r. Kanan bin r. Koyong cucu p. shogiri ktrunn ke 31 dr baginda rosul nabi Muhammad SAW

  24. Forum Karuhun Sunda berkata:

    Assalamualaikum, mohon izin kepada Pak Iman Nugraha. Bagi yang mencari data silsilah karuhun sunda kini bisa berkumpul di http://silsilahsunda.blogspot.com/

    Hatur nuhun, wassalam.

  25. R.Maulana Muhammad Nasruddin berkata:

    Ass. .
    tipayun abdi neda siHapunten. .
    abdi sebener na teu rada satuju lamun diumbar-umbar bahwa urang-urang teh katurunan raden atawa turunan kanjeng nabi paur engkin jd fitnah sareng paur na disangka sombong, cekap we anu terang mah kaluargi sareng saderek urang sadaya sieun na teu adab ka karuhun urang selain eta aya nu salah dina silsilah anu disebatkeun td teh.
    Hapunten lamun dina kata” abdi aya nu kalepetan ka sadayana. .
    wassalam. .

  26. miliegan berkata:

    ehhm terus terang aku termasuk warga jl pangeran sogiri,so aku jadi tau dechh sejarahhnya.thaks ya

  27. R. Abdurachman bin R.H. Jarkasih berkata:

    Assalamu’alaikum WR.WB.
    Neupangkeun Abdi urang Tanah Baru asli, sareung masih keneh turunan Pangeran Shogiri. Rama abdi ti Raden Kan’an, ari Ibu ti Raden Muhidin putera Raden Koyong. Jelasna mah sakitu, detailna teu keudah di sebatkeun di WEB. Margi hawatos aya anu mengcopy nami-nami anu diseubatkeun.
    Sakieu wae ti sim abdi, bilih bisi aya cariosan abdi anu huenteu meureunah ka saderek sadayana, abdi nyuhunkeun dibukakeun panto panghampura salebar-lebarna.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

  28. ahmad berkata:

    ass..maaf habib,kalau boleh tolong lampirkan tentang silsilah pangeran anting dong!!! & dari mana asal usul pangeran anting??? jazakumulloh khoirul jazaa….

  29. kang ATIEQ ZM berkata:

    Ass.Wr.Wb. Kumaha wartosna dulur-dulur sakaruhun sadaya daramang? disini saya ingin sedikit meluruskan khususon buat Nugie disitu ada kesalahan perkiraan perihal nama saya yang memang nama saya umumnya dipakai oleh wanita, tp mungkin hal itu sesuatu yang wajar…nah sehubungan hal tsb disini saya ingin meluruskan. Nama saya Atieq bukan ibu tapi saya laki2. Selain dari itu disini juga saya ingin sekali ikut memberikan masukan buat R. Abdurachman mengenai hal pnulisan bhs sundanya yang mungkin ada kesalahan diantaranya penggunaan kata Neupangkeun, seubatkeun, keudah, huenteu meureunah dll. yang seharusnya hanya : Nepangkeun, henteu merenah, sebatkeun, kedah dll. Punten nya den sanesna sim kuring bade ngajar ngojay kameri tur ngajar hiber kamanuk tur mugia wae aden teu raheut manah bendu galih… da sim kuring ge jalmi awam ngeunaan hal undak usuk basa sunda teh.. ma”lum ari urang bgr mah tos ilahar dilandi heuras genggerong..alias kasar… kumargi kitu hayu atuh urang sami-sami diajar. mung sakitu nukapihatur. tisim kuring jalmi awam. wassalam. Kang Atieq

  30. sulung berkata:

    assalamualaikum.
    mau tanya apakah benar Pangeran Shogiri bin Pangeran Tirtayasa menikah dengan Ratu Rapiyah ? setahu saya
    Silsilah ratu rapiah adalah sbb:
    Ratu Rapiah binti Pangerang Sanghiyang bin Pangeran Senapati Ingalaga Banten bin Temenggung Utama bin Prabu Lembu Gading bin Prabu Pucuk Umun bin Prabu Mundingsari Alit bin Prabu Mundingsari bin Prabu Siliwangi bin Prabu Anggalarang.
    kesimpulannya jika benar demikian berarti silsilah pangeran Shogiri dengan istrinya Ratu Rapiyah bertemu pada Prabu Siliwangi, karena SYarif Hidayatullah adalah cucu Prabu Siliwangi dari anaknya yang perempuan bernama Nyai Mas Larasantang, dari istri Pramu Siliwangi bernama Nyi Subang Larang. Nyi subang Larang adalah murid Syech Quro, seorang ulaam keturunan cina yang berasal dari champa (Vietnam) yang datang ke indonesia bersama laksamana Muhammad Cheng Ho.

    Makam pangeran Sanghiyang ini sekarang dapat dilihat di jatinegara kaum beberapa puluh meter dari komplek makam Pangeran Achmad Jaketra ( Pangeran jayakarta III).

  31. Sim kuring gaduh silsilah ngawitan ti sayyidina ali ibnu hussein dugi ka RD. Aria Wiratanu (Jaya sasana) dalem Tjikoendoel, Ieu Sajarah kenging ti pun aki Alm, nanging anu masihkeun ka sim kuriing pun emang di Nagrak Cibadak, Maksadna sim kuring ayeuna hoyong pang Ningalikeun ieu sajarah leres atanapi lepat, mudah-mudahan aya faedahna..

  32. rahman berkata:

    di tanah baru bogor ada makam keturunan pangeran sogiri. namanya raden kan’an. dan pondok pesantren dan majlis ta’lim ashogiri pimpinannya juga keturunan pangeran shogiri. namanya Rd.Kh.Abdulah Nachrowi bin Rd.H.Yasin, jamaahnya banyak bahkan setiap malam selasa selalu di hadiri oleh ribuan jamaah untuk memanjatkan sholawatNariyah. alhamdulillah saya salah satu jamaahnya.

  33. yuky berkata:

    asslammualikum wr.wb
    saya ingin bertanya apakah Raden Yafei dan Raden Kamyan merupakan keturunan Pangeran sogiri . jika benar dapatkah saya mengatahui nasabnya?

  34. yuky berkata:

    asslammualikum wr.wb
    saya ingin bertanya apakah Raden SYafei dan Raden Kamyan merupakan keturunan Pangeran sogiri . jika benar dapatkah saya mengatahui nasabnya?
    yuky – Selasa, Juni 16, 2009 at 5:25 pm

  35. taufik berkata:

    assalamualaikum sadayana

    saya taufik saya bernasab as sogiri juga salam kenal semuanya
    untuk informasi keturunan p.sogiri tidak hanya ada di tanah baru saja akan tetapi banyak juga di daerah bakom(ciawi), cipayung sampai cisarua, dan saya salah satu keturunan yg ada di jalur puncak
    salam kenal ka saderek sadayana
    * klo ada acara kumpul COOLBES As sogiri pls contact abdi *

  36. Sambas berkata:

    mikum,, bang ane mo minta daftar anak-anak nya pangeran sogiri dong,, lau ada sekalian sama dftr cucu-cucunya,, karena di catatan silsilah ane ada yang ilang,, bapa ane lupa,, kali aja lau ada dftr nama anak dan cucu pangeran sogiri,, bapa ane inget bang,, makasih ya bang,, krim k email ane aja bang,, wasalam,,

  37. muhammad berkata:

    Ass..Wr.wb..!!! Salam knl buat semua saudara2.sebelumnya ane minta maaf..ane minta tolong bagi siapa yg mengetahui silsilah lengkap Raden SAFARUDIN ciawi Bogor.keatasnya… sudikiranya bagi saudara2 yg mengetahuinya mau melampirkannya…akhirul kalam…jazaakumulloh….

  38. rizki lazuardi berkata:

    Ass..Wr.wb..!!! Salam knl buat semua. Saya minta tolong kalau ada saudara-saudara yang tau silsilah lengkap pangeran sageri sampai ke Syarif Hidayatullah. Sebab yang saya punya, kopian dari kakek saya. Dan tulisannya sudah tidak jelas lagi. Mohon kalau diantara saudara semua ada yang tahu, kirimkan lewat email saya. rizkilazuardi@gmail.com

  39. binhusaini berkata:

    Salam kenal buat semua keluarga Al azmat khan

  40. Yuli Kusuma Dewi berkata:

    Assallamualaikum….
    Saya ingin mengetahui tentang silsilah pangeran sageri… kebetulan saya adalah salah satu keturunan beliau dari Raden Sajidin yang menetap di Bogor. Jika ada yang masih bertalian saudara dengan saya mohon hubungi saya… karena saya sekarang sedang mencari keluarga yang boleh dibilang telah mati obor… mudah-mudahan ada titik terang… atas bantuan dan perhatiannya saya ucapakan terimakasih…

    • maulana berkata:

      waalaikumsalam wr. wb

      Buat Yuli Kusuma Dewi…salam kenal. Saya ingin tahu apakah Raden Sajidin yang anda maksud adalah putra dari Raden Syarif Kanzul Arifin atau dengan kata lain Raden Sajidin ini merupakan cucu dari Pangeran Sugiri/Sageri? Jika benar berarti kita dari jalur yang sama. Bisa hubungi saya di maulanass@hotmail.com untuk info lebih detil. Terima kasih. Wassalam.

      • Yuli Kusuma Dewii berkata:

        Maaf baru dibaca pak, seingat saya, bapak saya pernah bilang kalau R. Sajidin ini merupakan cucu dari Pangeran Sageri…. untuk lebih jelasnya nanti saya tanya bapak saya dulu ya pak….. adduuhhh mohon maaf pak anak muda suka lupa …..hehehehehehehehehehehheh

  41. m.norsatya berkata:

    Buat Yuli Kusuma Dewi..para keturunan pangeran Sageri di Bogor banyak di Tanah Baru..kl saya sebagai keturunan beliau tinggal di Cibubur..salam kenal

    utk Rizky Lazuardi apa sudah dapat datanya? kl belum akan sy kirim

  42. m.norsatya berkata:

    bagi para keluarga besar keturunan pangeran sageri, salam kenal dr saya, alamat e-mail saya (kl bisa hubungi via facebook saja) norsatya@yahoo.com siapa tw di facebook ky bs menjalin silaturahmi dgn lebih baik

  43. Rd. Muslim H berkata:

    Ass..Wr..Wb.. Salam Kenal ka sadayana.
    Saya putra ke13 dari Bapak R.KH. Abdul Haq Hamidi
    Bapak saya masih turunan ke 7 dari Pangeran Soheh atau Pangeran Sake Citereup. saya besyukur dilahirkan dari keturunan orang2 yang soleh.
    “Saya tau dari bapak”
    Anak Pertama dari Pangeran abdul pattah tirtayasa banten
    1. Pangeran Parubaya (cikalong)
    2. Pangeran Sugeri (jakarta)
    3. Pangeran Sohe Assakiri atau P. Sake (Citeurep)
    4. Dalem Maulana Mansur (Cikadueun)
    5. Dalem Mesir (Cikadueun)
    6. Pangeran Abdul Khoer (jakarta)
    Itu saja yang saya tahu

    • dedy r berkata:

      Aswwr Wr Wb Salam kenal ka sadayana nepangken abdi gaduh silsilah Pangeran Purbaya ti catatan karuhun cianjur mudah2an bisa ngahijikeun kakaluargaan sareng tiasa ngintulkeun informasi nu teu acan abdi terang kintunkeun ka teguhaditiapribadi@gmail.com.

      Hatur Nuhun

    • dedy r berkata:

      Aswwr Wr Wb Salam kenal ka sadayana nepangken abdi gaduh silsilah Pangeran Purbaya ti catatan karuhun cianjur mudah2an bisa ngahijikeun kakaluargaan sareng tiasa ngintunkeun informasi nu teu acan abdi terang kintunkeun ka teguhaditiapribadi@gmail.com.

      Hatur Nuhun

    • dedy Rochaedi berkata:

      Asswr Salam kenal saya ada catatan dari karuhun
      cianjur terkait tulisan nya Catatan Pangeran Purbaya dan ada catatan keruhun Pangeran Sake Pangeran Sugiri mudah2an bisa nyambung nuhun

      • muhamad ruhyat berkata:

        abdi gaduh catatan nna sejarah pangeran sageri sareng pangeran sake ,

      • achmad berkata:

        Assalamualaikum .wr.wb, salam kenal saya achmad tingggal dibekasi, mohon kiranya bapak Dedy atau yang lainnya dapat mengirimkan kepada saya silsilah atau pun catatan Pangeran Purbaya, Pangeran Sake dan Pangeran Sugiri ke alamat email “den_achmad@yahoo.com”. wassalam

    • abdulqodirzaelani berkata:

      ass…kang muslim wilujeng sareng abdi salam patepang! punten abdi nyuhunkeun no HP kang muslim, kaleresan abdi teh nuju milarian silsilah rama abdi, saurna keturunan ti Tubagus Abudin (putera Eyang Sake). pami gaduh silsilah abdi nyuhunkeun. hatur nuhun
      salam baktos

    • Murid Mamak berkata:

      Yg saya tahu dr beliau ( KH.R.Abdul Haq Hamidi), beliau hanya memiliki 10 anak, dan tinggal 2 yg belum haji. Jd kira2 anda siapa ya, & knp anda bs bilang anda keturunan ke 13?
      Krn baru kmarin beliau bercerita kpd kami, termasuk aktifitas beliau kmrn yg sedang mengurus keberangkatan Haji Anaknya kmrn.

  44. musthofa berkata:

    tgl 25 january.pengen ikutan haolan sholawat sambil mukim,soalnya aku santri teladan dah 4 bulan ku belum masuk ponpes do’ain yah!semoga bisa masuk ponpes lagi!!!!!! amienn
    salamnya buat om ta’in yg gokill

  45. zulkarnain berkata:

    Aswwr Wr Wb, saya mencari info mengenai makam dari raden tubagus bakhir cucu dari pangeran sogiri dan anak dari raden kanzul arifin.

  46. Saya ingin tahu mengenai Maulana Mansyuruddin. Apa benar beliau punya istri bernama Siti Ma”rifat dari baghdad? Seandainya benar, siapa sebenarnya Siti Ma”rifat itu? Terima kasih

  47. R.Denny berkata:

    kalau mau silahturahmi untuk juriyahnya Pangeran Shogiri di jatinegara kaum tepatnya karena disana tempat di makamkanya pangeran shogiri, dan disana banyak keturunanya dan juga ada keturunan Pangeran Jaketra, dan sanak familinya penduduk asli berbahasa sunda dulu (aink sia) dan setiap 13 malam robiul awal di laksanakan Haul P shogiri yang di hadiri oleh K H R Abdullah Nahrowi (mamak Ajengan ) Pesantren Asshogiri Tanah baru, dan dihadiri ulama,Habaib,Sesepuh. sebagai Info Bagi yang Mahabbah dengan Juriyah Nabi P Shogiri Bin Sultan Ageng tirtayasa Abdul Fath Bin Abul ma’Ali Bin Abul Mafahir

  48. Nur Al-Husaini berkata:

    Berikut ini sy lampirkan silsilah sy ke PangeranSogiri dan dari Pangeran Sogiri (11) ke Nabi Muhammad (40) (Sudah diteliti dan disahkan oleh lembaga penelitian nasab Rabithah Azmatkhan Al-Husaini) e-mail saya di FB : norsatya@yahoo.com

    1. R.M. NoerSatya Azmatkhan Al-Husaini
    2. R. Gaharudin
    3. R. Noerwendo
    4. R. Hidayat
    5. R. Somalaya
    6. R.M. Shaleh
    7. R. Asikin
    8. R.M. Ahmad Mufahir
    9. R. Mamak
    10. R. Syarif Tanjul Arifin

    11. Pangeran Sageri @ Sugiri @ Sogiri @ Ash- Shogir (Jatinegara Kaum, Jakarta)

    12. Sultan Ageng Tirtayasa @ Abdul Fatah (Raja Banten ke-6 & Pahlawan Nasional)
    13. Sultan Abulmu’ali Ahmad (Raja Banten ke-5)
    14. Sultan Abulmufahir Muhammad Abdul Kadir (Raja Banten ke-4)
    15. Maulana Muhammad (Raja Banten ke-3)
    16. Maulana Yusuf (Raja Banten ke-2)
    17. Maulana Hasanuddin. Dimakamkan di Banten.
    18. Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). Dimakamkan di Cirebon.
    19. Sayyid Abdullah Umdatuddin.
    20. Sayyid Ali Nuruddin/Nurul Alam.
    21. Sayyid Husain Jamaluddin. Dimakamkan di Bugis.
    22. Sayyid Ahmad Syah Jalaluddin. Dimakamkan di Naserabad, India.
    23. Sayyid Abdullah. Dimakamkan di Naserabad, India.
    24. Sayyid Abdul Malik Azmatkhan. Dimakamkan di Naserabad, India.
    25. Sayyid Alawi ‘Ammil Faqih. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.
    26. Sayyid Muhammad Shahib Mirbath. Dimakamkan di Zhifar, Hadramaut, Yaman.
    27. Sayyid Ali Khali’ Qasam. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.
    28. Sayyid Alawi. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.
    29. Sayyid Muhammad. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.
    30. Sayyid Alawi. Dimakamkan di Sahal, Yaman.
    31. Sayyid Abdullah/Ubaidillah. Dimakamkan di Hadramaut, Yaman.
    32. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir. Dimakamkan di Al-Husayyisah, Hadramaut, Yaman.
    33. Sayyid Isa An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.
    34. Sayyid Muhammad An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.
    35. Al-Imam Ali Al-Uradhi. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    36. Al-Imam Ja’far Ash-Shadiq. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    37. Al-Imam Muhammad Al-Baqir. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    38. Al-Imam Ali Zainal Abidin. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    39. Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib. Dimakamkan di Karbala, Iraq.
    40. Fathimah Az-Zahra’ binti Sayyidina Muhammad Rasulillah SAW.

  49. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kumaha dararamng dulur2. Perkenalkan nama saya Rd. Wahyudin bin Rd. Nandang Subarna saya tinggal di Cibanteng – Ciampea, Bogor. Alhamdulillah saya juga keturunan dari Pangeran Shogiri atuh ternyata dulur urang teh loba geuning aya dimana2 nya. Tapi saya mah bukan dari garis keturunan Rd. Kan’an tapi dari Rd. Muhidin Shogiri (Tanah Baru). Nya angger wae kaditu na mah ka Pangeran Shogiri oge. Tos wae lah sakitu heula nya. Kalau ada yang mau kenal lebih lanjut mah e-mail wae ka: rayudin@ipb.ac.id

    Wassalam.

  50. hamdan nata Baschara berkata:

    Hapunten kadulur sadayana,,, mhon berbagi informasi tentang Keturunan Buyut Mansur ( sultan Haji ) yang menikah dengan Nyi Mas Ratu Sarinten Cikaruyu Pandegelang yang Berputra Ki Buyut Abu Sholih ,,, nuhun

  51. LUKMAN berkata:

    Assalamu’alaikum

    boleh tahu silsilah dari keluarga Pangeran Sogiri ( saudara, adik, kakak s.d cucu beliau) dari keturunan pangeran jayakarta.
    Silsilah kakek saya :

    Kakek Sa’i – Nenek Sapinah binti Uwat dari Banten.
    buyut Saimun yang punya anak : Nadi, Sa’i, Dairi & Sadei

    Mohon info dari keluarga Keturunan P. Sageri bahwa Buyut saya SAIMUN , Keturunan siapa ya…..

    Pada waktu masih hidup alm Nenek sering menyebut Gede Noni….

    Terima kasih

    Wassalam

  52. R.Miftahudin berkata:

    Bade tumaros silsilah keturunan pangeran sogiri / keturunan raden kan’an? mangga dongkap ka tanah baru.. salam tepang abdi “MIFTAHUDIN” wargi asli tanah baru Rt4/4 no.76, kecamatan bogor utara..

  53. muhammad bagir berkata:

    assalamu’alaikum wr. wb. kangge sadayana abdi hoyong terang silsilah KH. TERUK bin SYEH MUHIBBAH, upami aya nu terang, ma’af yuhunkeun di jelaskeun…..
    hapunten sateuacanna bilih aya nu lepat tina tulisan abdi di luhur…. hatur nuhun.. wassalamu’alaikum wr. wb.

  54. anjar widiastuti berkata:

    assalamualaikum sedayana….belum tahu apakah ini ada kaitannya dengan keturunan kerajaan atau tidak, tapi mohon bantuannya kalau ada yang tahu silsilah dari H Sulaiman atau wa adung yang makamnya terletak diciteureup bogor tolong hubungi saya di : anjarwidiastuti@yahoo.co.id kata mamah saya saya masih keturunan H sulaiman dari kakek saya yang bernama hasan bin amir (hasan amir).

  55. Achmad Mulyana berkata:

    Saya mau tanya tentang silsilah keturunan dari ibu saya R. Daryati Djajaningrat yang memiliki ayah R. Djajaningrat bin R. Moch Shaleh bin R. Asikin. Makam kak ek saya ada di Jatinegara Kaum. Yang mau saya tanyakan lagi dimana makam Buyut dan Eyang saya ( R. Moch. Shaleh & R. Asikin ), bila ada info yang tepat, insya Allah saya mau ziarah ke makam beliau, hatur nuhun, wassalam wr wbr …..

  56. raden atlanditri berkata:

    apakah anda tau haji ahmad ? kaka dari abullah nahrowi
    Raden Ahmadimyati

  57. muhamad ruhyat berkata:

    saya dari keturunan dari pengeran sake/shoheh, pangeran sake adik pangeran sageri, dan kata kyai saya keturunan 43 dari Rasullulah SAW, jadi saya ingin sekali jiarah, saya punya buku dari jatinegara kaum (pemberian dari Kaka bapak saya) intinya silaturrahmi ,hatur nuhun wass.wr.wb

    • sunan asshiddieq berkata:

      ass,salam kenal akhi…pntn pami tiasa abdi hyg uninga pami antum ti bani mana..?
      nu sauninga abdi pala putra pangeran sake/soheh/syakirulloh aya 6,di antawisna…
      1. rd.tb Suriaperingga alias Badaruddin
      2. rd.tb komaruddin
      3. rd.tb muhammad sarifuddin
      4. rd.tb sahabuddin
      5. rd.tb muhiddin
      6. ratu djidah….
      tah pami antm ti bani mana kinten2na…,htr nhn? insya alloh urg nyambungkn duriah knggo mengket tali silaturahmi…amiin

  58. dudung berkata:

    punten aya anu terang teu ari eyang beureum asal jatinagara… hatrur nuhun.. anu patalina ka ama hamzah cileungsi

  59. R Siti Nurul Huda berkata:

    assalamualaikum. .
    silsilah dari ayah saya R.Ahmad Aldad bin R.Marjuki bin R. Keneng Soerya bin R. Akram bin R. Sayamin.
    katanya R. Sayamin itu masih keturunan Pangeran Sageri, tapi sy tidak tau kalau R. Sayamin itu bin siapa.
    kemudian kalau silsilah dari ibu sy R. Siti Nurjanah binti RH. Dumyati bin RH.Ahmad bin RH kamrin. kebetulan sama juga dr keturunan pangeran sageri, tetapi sy juga tidak tahu RH Kamrin bin siapa. .
    mohon informasinya mengenai silsilah pangeran sageri, terimakasih,

  60. M . TAUFIK berkata:

    Assallammuallaikum. Mohon di koreksi kalau ada kesalahan . Almh IBU saya dari keturunan P . SAGIRI . Nama – nama silsilah yang saya dapat ( dari nama orang tua ) adalah : Hj Djujulaiha binti Hj Neneng binti Hj Ramelan bin Mbah Hasan bin Mbah Koyong bin Mbah

  61. M.TAUFIK berkata:

    Maaf , Saya lanjutkan / : Mbah Koyong bin Bi’ah bin Mbah Kanzul Arifin bin Mbah Muhidin bin P.Sagiri . Menurut cerita Almh Nenek , Kakek uyut saya dimakamkan di Bogor , ( H,Ramelan dan Mbah Hasan ) , Bogor mana saya tidak ta’u . Tolong koreksinya dan informasinya tentang silsilah yang saya ta’u dan makam dari kakek uyut saya . Terima Kasih . Wassallammuallaikum . wr . wb .

  62. fadli berkata:

    Asswrwb, nepangkeun hapunten ada yg knl Syech Abdul Kohar Cogreg ? Tlg ksh infonya mngenai keturunannya dan silsilahnya.. Haturnuhun Wsslmwrwb..

  63. Kiki berkata:

    punten palaputra jatinegara kaum sadayana. geuning seueur anu ti itrah pangeran sogiri. bilih aya nu gaduh informasi itrah rerehan pangeran jayakarta. pun aki ti sukabumisaurna teh katurunan ti p. jayakarta. mung abdi ayeuna kaperuman obor,

    FYI pangeran sogiri teh incu binti Pangeran Jayawikarta anu nikah ka Sultan Abulmu’ali Ahmad (Raja Banten ke-5) salah hiji putrana nyaeta Sultan Ageng Tirtayasa @ Abdul Fatah (Raja Banten ke-6.
    saderek pameget Ratu Martakusumah teh Pangeran Ahmad Jakatra,

  64. Lili suheri berkata:

    Sampai saat ini saya masih bingung dengan silsilah keluarga saya, konon katanya masih keturunan pangeran sogiri, karena dulu masih ada kerabat dari jatinegara, pada saat kake buyut saya masih hidup, tapi sekarang sdh “pareumeun obor” saya keturunan dari uyut dai’in (nama samaran untuk menghindar dari belanda) tinggal dicibarusah-bekasi,
    kalu ada yg punya info kirim email ke saya.

    haturnuhun sateuacana

  65. iyas Supardi Rustam alumni SGD berkata:

    Assalamualaikum, kang..didekat rumah saya ada makam, yang katanya itu makam leluhur saya dari garis Ibu, dan saya selalu hadiah padanya namanya Mbah Raden Marfu bin Mbah raden haji Yusuf bin mbah Eyang Sake,
    apabila di urutkan ibu sya bernama Icih binti madhari bin Marin bin Musyara bin Mbah Raden Marfu bin Mbah Raden haji Yusuf bin Eyang Sake…
    tolong dijelaskan lebih rinci akan sejarahnya…terimakasih

  66. Mungkin lebih lengkapnya datang saja ke Jatinegara Kaum Jakarta timur

  67. raden muh ardian fadilah berkata:

    punten kang makam raden kanan aya di tanah baru bogor utara

  68. R.Nurma Aspiasari berkata:

    Ass.. Saya nurma dari karadenan kaumpandak sedang mencari karuhun sy terdahulu khususnya mashab Azmatkhon karena sy bermashab itu.. Sy lagi cari2 nich teñtang garis keturunan sy dahulu smpai sy ada.. Dulu alm nenek sy sangat hafal menyebut keturunan nabi Muhammad hingga smpai kpd keturunan nenek sy.. Keturunan keberapa sy lupa..sy mau bertanya lbh lanjut, nenek sy sdh keburu meninggal..karena semua itu yang tau nenek sy. Sy hanya ingin tau asal usul saya.

  69. R.Nurma Aspiasari berkata:

    Keluarga besar sich banyak.. Karena sy baru sadarnya sekarang bhw ingin tau karuhun sy jadi blm sempat bertanya2 ke keluarga yang lain. Kluarga sy byk ada di tanah baru, cimahpar, semplak, cisarua. Kebetulan SMK ashogiri di megamendung dekat cisarua itu pemiliknya yaitu alm RH.Zaenal abidin yaitu masih satu kakek dgn ayah saya RH.Syarifudin. Nah SMK ashogiri itu ya diambil dari keturunan kita terdahulu dari pangeran ashogiri, tapi saya tdk hafal nama-nama karuhun saya. Makanya sy lagi nyari tau. Hehee

  70. aristu berkata:

    di tapos bogor ada yg paham silsilah pangeran sake karena memang lngsung dari garis silsilah anak pangeran sake yg perempuan silakan email untuk lbh hjelasnya

  71. Arassendra Jayaatmaja berkata:

    Assalamualaikum Dulur sakluargi
    Saur pun aki, Mayor Oking masih teh, teureh ti P. Sageri ti cibarusah, abdi hoyong teurang abeh teu pareum obor, upami gaduh silsilahnya mangga diatosan di arassendra@yahoo.com
    Haturnuhun

  72. muh.miftahudin berkata:

    wah . rame ni….jadi inget waktu sd sering hadir muludan ke sini …..semoga kecepretan jdi orang soleh

  73. r wahyudin berkata:

    Assalamu’alaikum saya pengen tau silsilah R Kamyan, R Zamhur, R Lampita(samaran), terimakasih

  74. yandi berkata:

    Kalo saya bukan keturunan dari kanjeng pangeran Sogiri, saya punya guru yg katanya keturunan beluau, tinggalnya di babakan sirna anu ayeuna mah katelah malabar tidak jauh dari Tanah baru, namanya Mama Kholid putra dari Mama guru sulaeman alias mama guru ole, manawi aya anu uninga kana silsilah beliau, abdi nyuhungkeun infona, kusabab eta guru abdi jalmi anu pang bijaksana-bijaksana na anu ku abdi kenal, saurna mah anjeuna kapungkur masantren di bakom…mungsakitu ti abdi, diantos pisan infona…

  75. yandi berkata:

    Nyambung anu diluhur, abdi kantos ngarangu ti Mama ajengan sepuh Tanah baru ge nyarios yen eta guru nu ti babakan sirna the jalmi anu teu seueur cumarios nanging kacida luhung elmuna, apal ngaosna, sareng apal pisan kana silsilah…sakali deui manawi aya anu uninga ka Mama kholid bin Mama guru Sulaeman(mama guru ole) di antos infona. Neda dihapunten pami seu eur kata2 abdi anu lepat. Hatur nuhun

  76. anwar hadiat berkata:

    Assalammuaikum Wr Wb…
    Kangge kang yandi leres pisan eta mama kholid the aya katurunan kanjeng pangeran ahogiri, sareng abdi sepakan eta Mama kholid tehh jalmi anu kalintang bijaksanana, tur luhur elmu, abdi salah sahiji muridna oge, rorompok abdi caket pisan sareng beliau, beliaukatelahna sepuhna orang babakan sirna, dimakamkeuna di makam kulawargina caket masjid assulaimani, didinya teeh aya makamna ramana mama guru ole, mama ajengan Darma, ratu habibah, mama ajengan enoh, mama ajengan yunus, sareng aya makamna tilas jawara bogor anu katelah abah mair..

  77. anwar hadiat berkata:

    Punten nu dimaksad di luhur nyaeta pangeran ashogiri….hapunten pisan abdi lepat ngetik, sakali deui nyugkeun di hapunten

  78. bani saputa berkata:

    Syukur alhamdullilah tiasa tepang sareng katurunan jalmi2 mulya, bingah pisan….

  79. hidayat berkata:

    Nepangkeun jisim abdi ti cibarusah, bingah tiasa kenal ka para katurunan aulia

  80. nuriah berkata:

    Assalamuallaiku wr wb.
    Saya ingin tanya hubungan antara kanjeng sunan gunungjati sama gusti prabu siliwangi sejarahnya gimana? Terima kasih!

  81. fiah berkata:

    Assalamualaiku wr wb.
    Saya putra dari bapa muh. Naski yg katanya katurunannya eyang sake, bapa saya ini asli dari sukaraja bogor sekarang tinggal di lampung…saya ingin tau sejarahnya tokong penjelasannya

  82. R Yana Maulana berkata:

    Siiip,,,, Abdi ge orang tanah baru yeuh, nepangkeun ah ka saderek sadaya, arameng atuh kadieu urang silaturahmi

  83. R Yana Maulana berkata:

    Assalamu alaikum, kanggo kang hidayat anu ti cibarusah, wengi minggu kamari abdi bade Ziarah ka Raden Kamjan tapi teu kapendak, bilih kang hidayat terang mah punten abdi nyuhunkeun petunjuk alamatna, iyeu nomor HP abdi kang: 087770000849-085719397779, hatur nuhun.

  84. andan s berkata:

    Catatan Sajarah Nyandak ti Rundayan Perabu Siliwangi, menurut keterangan Mbah M. Toha (alm.di Makom Sukaraja) :

    Perabu Siliwangi puputra Perabu Rohmat Suci (Kian Santang-Godog,Garut)
    Perabu Rohmat Suci puputra Pangeran Senopati (Parakan Moencang,Bandung)

    Pangeran Senopati puputra Pangeran Sangiyang :
    – Dalem Ahmad
    – Dalem Muhamad :
    – Tubagus Jowan :
    – R. Saean – R. Muhali – R. Abdul – R. Sarean
    – Nyi R.Kamsiah – Nyi R. Karsinah

    (Bilih aya nami kirang lengkap,nu terang ti rundayanana,sareng dimana makomna ?)

    R. Saean : – R. ABA ( saha tea ? duka atuh ) – R. Kanaan ( Tanah Baru, mertua sama) – Nyi Raden

    Pasawahan (saha,duka dimana ?)

    R. ABA : – R. Haji Ibrohim (duka atuh,dimana ? ; uyut) – R. Istor (duka atuh dimana ?) – R. H. Tubagus

    Umar B. (Mama Sempur,Plered ,tos kapendak tuang babarengan sareng rama nuju alit (sd) ) –
    Nyi R. Enok (tos kapendak,dewasa)

    R.Haji Ibrohim : R. Asnawi ( Syehk Asnawi, Caringin ? ) – R. Somadiredja ( Wanayasa,Purwakarta,

    aki sim kuring ) – Nyi R.Suraya (Nyi R. Siti Aisyah) – Nyi R. Iyar – Nyi R.Rusmi – Mbah R. M.Toha ( nu makomna di Sukaraja)

    Ari Pangeran Sogeri rupina rundayan ti dieu,kantos abdi zaroh ka Jatinegara Kaum,nu ngahiji sareng para kluargina nyaeta Pangeran Jayakarta, ieu teh rundayan ti rama sim kuring R. Mohamad Godjali
    bin R. Somadiredja.
    Pun bojo oge sami ti rundayan P. Sogeri, ramana rakana Ajengan Nachrowi nyaeta R. Badjuri, nu janten pitaroseun nyaeta saha R. ABA (?) sareng Haji Ibrohim teh ? Punten ,bilih aya nu terang,hatur nuhun !

    Upami pun biang rundayanana ti Pangeran Sake (P. Sokheh) : Nu disebatna katurunan Sagala Herang,
    Eyang Dalem Nangka Beurit,Raden Aria Wangsa Goparana – Eyang Cikundul, R. Aria Wira Tanu Datar –
    singkatna R. A. Djayanegara – Syehk Yusuf Baing – R.Husein – R.Bidal – Nyi R.Muhati – Nyi R. Wawa Rubiah Perwati + R. Atmawinata bin R.Beradjamanggala.
    Sim kuring parantos zaroh ka Eyang Sake,sakantenan zaroh ka pun paman R. Karhitawinata (Wedana)

    Upami ti ibuna rama,nyaeta Nee Unit ( Nyi Mas R. Bia Rumbiya binti R. Mas Mangundiredja, uyut teh dimana makomna,duka atuh ?

    Kitu kulan,nu bodo hoyong terang,susuganan mendak rundayanana anu lengkap,…punten dupi aya nu terang ? …Hatur nuhun,….Wss.wr.wb. (punten Ass.wr.wb ti payunan taacan)

  85. aris junior berkata:

    سُبْحَانَ اللّهِ،

  86. Halra berkata:

    saya sempat ditanya tentang Pangeran Sogiri, hehe, tadinya gak tahu sosok tokoh ini,
    sekarang jai tahu deh, makasih banget loh…

  87. Denssurya berkata:

    ngiring bingah pisan kana ayana ieu info,mugi abdi anu awan,doip tur lamokot pinuh ku dosa sugan w ku sabab riung mumpulung didieu sing kacandak soleh sareng barokah.
    bade ngiring tumaros ka saderek sadaya,upami sepuh/guru urg sadaya nyaeta EYANG SAGERI teh ngagaduhan putra anu namina PANGERAN WAHYU teu?upami gaduh ti ibu anu mn(saha namina)?
    sareng bade nyuhunkeun terang upami EYANG SAGERI teh gaduh putra sabaraha?sareng saha wae?
    mugi aya nu ridlo karna ALLOH ta’ala maparinan terang ka sim abdi sareng mugi ALLOH maparin babales anu langkung aheng kanggo anu ngawaler.jazzakallohu khoeron katsiroo.
    waleran diantos pisanna ku abdi di email : addensuryababyblue@gmail.com
    atanapi call/sms wae ka abdi di 081212536969.
    abdi anu doip Rachmat Suryadi Ningrat Cisarua Puncak Bogor.
    sing seeur hampunten sareng haturnuhun kangge sadaya sareng sagalana.
    N.B : anu jenengan Zainal khan anu coment diluhur teh nami aslina Zainal Mutaqin anu rorompokna dicipayung anu putrana alm Bpk Zainal Abidin sanes?salam knl aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s