SKI Tas Tajur Katulampa

Gedung SKI Tas Tajur KatulampaBOGOR – Kawasan Katulampa Bantar Kemang telah menjadi salah satu ikon industri dan pemasaran tas kulit Bogor. Bahkan gaungnya terdengar ke seluruh Indonesia. Tak hanya itu, di tempat yang sama juga terdapat kawasan wisata yang banyak digemari anak hingga dewasa.

Selain untuk memuaskan keinginan pengunjung akan tas-tas berkualitas, SKI Tas Tajur Katulampa juga memiliki kawasan yang ditujukan khusus sebagai tempat wisata.

Terletak di area luas dan dikelilingi pepohonan palem, tempat tersebut disulap menjadi taman yang dilengkapi beberapa jenis permainan.

Taman yang ditata dari batu-batu alam dengan gaya oriental terasa membaur alam disekitarnya. Di bawahnya mengalir sungai-sungai kecil serta kolam air mancur lengkap dengan ikan-ikan. Lantai kaca pun dipasang di sekeliling taman agar pengunjung dapat melihat langsung ikan-ikan hias di dalamnya.

Beragam jenis ikan menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung. Bahkan, ada ikan berukuran sangat besar dari hutan Amazon Amerika Selatan.

Bocah-bocah dengan antusias memberi makan ikan-ikan yang dapat diberi pakan. Namun, untuk ikan tertentu pengelola tidak mengizinkan ikan-ikan tersebut diberi makan.

Selain ikan, ada juga kura-kura kecil yang diletakkan dalam kolam berair dangkal. Beberapa sangkar berukuran raksasa nampak di beberapa sudut taman berisi beragam binatang seperti Owa (monyet hitam), burung elang kepala putih, ayam merak, burung Kakatua putih dan warna, rusa tutul seperti di Istana Bogor.

Kawasan Wisata Multifungsi

Dibanding kawasan belanja tas di sepanjang Jalan Raya Tajur, SKI Tas Tajur Katulampa memiliki kelebihan karena konsep yang dibuat bukan hanya sebatas kawasan belanja tapi kawasan wisata dengan segenap kelengkapannya. Karena dengan sekali datang kesana, semua kebutuhan terpenuhi. Mulai dari belanja, arena bermain, gedung pertemuan, lokasi wisata dan pusat jajan.

Terletak di salah satu sudut kawasan wisata ini, berdiri tempat flying fox dengan tinggi 7 meter dan jarak luncur sepanjang 70 meter. Kawasan tersebut pun menjadi hiburan tersendiri, karena di sana bisa uji nyali keberanian pengunjung.

Ternyata peminatnya tak hanya dari kalangan dewasa, anak-anak juga banyak yang menikmati permainan terbang meluncur ini.

Pengelola kawasan bermain SKI Tajur Agung Prabowo mengatakan, permainan ini aman, karena sebelum meluncur perlengkapan keselamatan langsung di bawah pengawasan operator.

“Setiap peluncur wajib mengenakan helm, back harness atau seat harness dan carabiner. Perbedaan back dan seat harness adalah keleluasaan pemakai. Dengan seat harness, pengunjung dapat memperagakan spider style selama meluncur,” jelasnya, seraya menerangkan sekali meluncur pengunjung dikenakan biaya Rp. 10 ribu.

Pengunjung yang ingin adu kemampuan dalam arena balap pun dapat menguji sirkuit boogie, sejenis gokart yang telah dimodifikasi.

“Dibanding gokart, bodi boogie lebih tinggi. Lagipula boogie dilengkapi dengan kerangka dan atap yang dapat menahan guncangan kalau-kalau terbalik,” terang pria yang berpakaian kasual tersebut.

Tindakan pengamanan yang dilakukan operator, lanjut dia, yakni dengan pemasangan helm khusus balap dan pelindung. Seatbelt pun digunakan.

Di samping itu, tambah dia, pengemudi harus berusia minimal 10 tahun atau yang telah mampu menguasai rem dan menginjak gas. Untuk anak yang lebih kecil akan didampingi operator atau orang yang lebih dewasa.

Untuk merasakan bagaimana mengelilingi sirkuit selama 10 menit, jelas dia, pengunjung terlebih dulu harus membeli tiket seharga Rp 30 ribu.

Menurut Agung, dalam empat bulan ke depan, pihaknya akan memperbanyak jenis permainan dengan membangun multi tower setinggi 15 meter. Rock climbing, spider web dan flying fox yang lebih tinggi akan menjadi daya tarik baru tempat yang akan dikembangkan sebagai alternatif wisata dalam Kota Bogor.

“Saat ini telah rampung sekitar 60 persen, setelah Lebaran baru akan dioperasikan. Orang Bogor nggak perlu jauh-jauh keluar, karena tersedia di sini,” pungkasnya.

Gedung Pertemuan

Terletak di lantai tiga gedung tempat berbelanja tas terdapat ruang pertemuan (ballroom) yang dapat menampung seribu orang. Saat ini gedung tersebut baru berfungsi dan sudah bisa digunakan untuk beragam acara mulai dari pernikahan, khitanan, dan resepsi lainnya.

Dibangun untuk keperluan multi fungsi, lantai tiga gedung SKI juga digunakan untuk tempat kursus dansa waltz, cha-cha yang dilengkapi dengan lantai berlapis kayu vernis.

Di seberang gedung pusat belanja tas, sedang dibangun factory outlet (FO), cafe dan pusat jajanan khas Bogor. Kelak jika sudah selesai semakin menambah semarak dan beragam kawasan wisata baru tersebut.

Selain itu untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang semakin membludak, areal parkir semakin diperluas dan dapat menampung kendaraan besar seperti bis wisata. Bahkan telah dibangun pula parkir di dalam gedung.

[Disarikan dari Radar Bogor, 28 Juli 2007, dengan beberapa penambahan tulisan]

About these ads

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Tulisan ini dipublikasikan di Belanja, Keluarga, Obyek Wisata, Tempat Nongkrong. Tandai permalink.

33 Balasan ke SKI Tas Tajur Katulampa

  1. deddy berkata:

    tolong jalan menuju ke SKI dicari akternatifnya, sehingga tidak macet.. masalahnya jika terjebak macet bikin pusiinnnggg…

  2. wahyu berkata:

    tolong di jelaskan jalan dan angkutan apa yang bisa di pakai menuju lokasi tersebut mengingat saya tidak memiliki kendaraan pribadi.

  3. Iman Nugraha berkata:

    @Wahyu: mas bisa naik angkot no 10 (merdeka-bantar kemang), 13 (Ramayana-bantar kemang) jurusan Bantar kemang…kalo dari terminal bisa naik angkot 09 dulu ke arah Sukasari, trus turun di Bale Binarum…dari situ lanjut naik angkot 10 atau 13..
    semoga sampai di tempat…
    salam

  4. yayu berkata:

    kalo ay naik motor dr tajur kearah mana ya?

  5. imngrh berkata:

    @Yayu: kalo dari Tajur, naik motor ke arah jl pajajaran. nanti ketemu bale binarum terus muter balik, trus langsugn belok kiri. Dari bale binarum sekitar 700 meteran. Tanya aja disitu banyak yg tau koq..

  6. farida berkata:

    tolong dong! saya ingin sekali ke SKI lagi. Sekitar 5 tahun yang lalu saya kesana tapi sekarang saya lupa.
    Bisa tunjukin jalan kalo dari stasiun bogor saya naik angkutan apa ya

  7. Thoriq berkata:

    Klu dari depok naik kendaraan pribadi rutenya kemana?

  8. irman berkata:

    mas klo pk bus pariwisata k sana bisa g?

  9. Iman berkata:

    @Farida: Rute dari Stasiun Bogor naik angkot 03 arah terminal bis Baranang Siang, nyambung angkot 01 (Baranang Siang-Ciawi) turun di Bale Binarum, nyambung lagi angkot 13 turun di SKI.

    @Thoriq: Dari Depok bisa lewat tol Jagorawi atau Jalan Bogor Lama. Dari pintu tol Baranang Siang belok ke kiri lewat Jalan Pajajaran trus sampe Bale Binarum trus belok kiri menuju SKI (500 meter dari Bale Binarum).

    @Irman: Bisa. Di SKI disediakan lap parkir luas yg bisa menampung bis2 besar pariwisata.

  10. ayu berkata:

    ada hotel yg deket ski ndak ? kbtlan saya dr bjm k jkt berangkat jam 6 sore jd mungkn nyampe jkt jam 8. trus dr bandara arah tajur hematna naik apa ya kalo mlm2 gitu n bs langsung dpt hotel..berhub ayu blm pernah ksna sm skali. mksh.

    • imngrh berkata:

      Ada mbak tapi tidak terlalu dekat. nama hotelnya Hotel Permata (kelas melati), terletak di Jl Pajajaran. Kalo naik bis dari jakarta bisa turun di deket Kantor Kecamatan Bogor Timur atau seberang factory Outlet Rumah Gaya. nanti tinggal jalan kaki ke hotel. Kalo soal harga hotel relatif ya…bisa mahal bisa murah.
      Utk ke SKI Katulampa bisa naik angkot no 13 dari hotel dan turun di depan gerbang SKI. Tarifnya cuma 2000 perak, utk sekali naik angkot.

      Salam,

      Iman Nugraha
      http://www.iman-nugraha.net

  11. mariana poliradja berkata:

    tamu saya yang dari king Saudi Arabia belum ke Indonesia kalo belum bawa oleh2 dari Tajur. Bulan agustus kemarin saya belanja juga di Tanggul angin. saking banyaknya saya lupa yang model apa dia pesan lagi sekarang untuk dijual disana. ada saran untuk teman saya yang mau mengageni tas anda pak ?

  12. awalian berkata:

    SKI mulai buka sampai jam berapa?.Rombongan berangkat besok selasa 22 Des 2009 dari Banjarnegara Jawa Tengah.Kalau dari taman buah mekarsari kira2 berapa jam?Tolong informasikan rute menuju SKI, kami menggunakan bis pariwisata?Tolong konfirmasikan di 08122527834.Terima kasih

  13. eka berkata:

    saya mo ke tajur, klo dr depok, ada ga angkutan umum kesana. rutenya apa?thx

  14. Boy berkata:

    om…. tolong dong rencanya kawan2 dari mataram mo kunjungan ke tempat industri tas ini, tolong alamat lengkap dan alamat suratnya !!
    rencanya awal februari
    trims

  15. Iman berkata:

    Jl. Raya Katulampa No. 6 – Bogor
    Telp. (0251) 353685

  16. Iman berkata:

    KOREKSI:
    Alamat Tas SKI Katulampa:
    Jl. Raya Katulampa No. 6 – Bogor
    Telp. (0251) 8353685

  17. Mira berkata:

    Klo tempa kursus bikin tas -nya ada gak? Klo ada dmn??? Tengkyuuu :)

  18. Mira berkata:

    maksud sy … tempat kursus-nya . Tolong jawabannya d krm via e-mail jg ya hehehe ….tengkyuuu again :)

  19. ambar berkata:

    om kali hari libur nasional tetep buka ga? soalnya saya sama temen2 mau observasi kesana? makasi :)

  20. ria berkata:

    mas mau tanya,kalo dari terminal lebak bulus naik apa ya?

  21. Ola berkata:

    qlo dari benhil/blok M mau ke SKI Tajut naik bus & angkot apa ya? saya pengen skali kesana nih…terima kasih sebelumnya ;)

  22. nana berkata:

    mas…sy tertarik utk buka food stand di SKI,kira2 msh bs ga? bagaimana caranya dan syarat-syaratnya apa aja? reply-nya tlg via direct email sy aja. before and after…thanks ya :)

  23. dewi berkata:

    ass,…
    mas kalo dari st bogor naik apa ya? mau bawa mobil gak tau jalan soalnya…(hee…eee).
    serius niy,…

  24. wanti berkata:

    Rencana hari minggu ini saya mau ke katulampa dengan keluarga. kalo dari sukabumi jalur mana yang harus ditempuh dengan kendaraan pribadi?

    • imngrh berkata:

      Dari Ciawi masuk tol kemudian keluar tol baranang siang bogor, belok kiri ke arah tajur. Nanti setelah sampai Bale Binarum belok kiri, trus ikuti saja jalan hingga sampai SKI.

      Salam,

  25. henri berkata:

    ada brosurnya ga? bisa tolong kirim ke email saya henri.reagan@gmail.com

  26. Edy berkata:

    Salam kenal,
    Saya pny rencana akan membuka usaha tas didaerah saya.Kl boleh tau dimana saya bisa mendapatkan tas (merk bajakan) harga yang murah (relatif) dengan kualitas yang baik???Apa bisa saya memesan langsung kepada pengrajin/penjahit tas didaerah sana???Jika boleh saya minta nama+alamat+no telp yang besangkutan jika ada…Seandainya ada kira2 berapa kisaran harga yang dipatok utk per tas jika melakukan pengambilan dalam jumlah serian?Tlg infonya reply via email mas.Terimakasih.Salam

  27. Edy berkata:

    Oiyaaa….tlg bls ke email saya tjong_edy@yahoo.com

  28. asra berkata:

    klu alamat utk kursusnya di mana..sy tinggal di cibinong..makasih..

  29. 240895 berkata:

    kalo dari cimahpar bisa gak naik 05 turun di ramayana dari ramayana naek 06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s