Kabar Baik dari Kantor Imigrasi

JABARU – Ini kayaknya contoh kantor pemerintah yang layak ditiru. Selain mengutamakan pelayanan cepat, Kantor Imigrasi (Kanim) Kota Bogor ditunjuk sebagai pilot project pelayanan keimigrasian di Indonesia.

Suasana berbeda akan terasa ketika kita menginjakkan kaki di ruang lobby depan Kanim Kota Bogor. Udara sejuk dari air conditioner (AC) terasa menyegarkan. Kursi ruang tunggu tertata dengan rapi dan apik. Tampak didepan pintu masuk berjaga seorang petugas berseragam khas pegawai imigrasi. Sementara para pengunjung duduk tertib sambil menanti giliran dipanggil melalui pengeras suara. Mereka terlihat santai sambil membaca koran atau majalah. Tak nampak satu orangpun yang merokok didalamnya.

Pemandangan seperti ini akan kita dapatkan sehari-hari di Kanim Kota Bogor. Menurut Kepala Kanim Kota Bogor Ibrahim Saleh, sejak ditetapkan sebagai pilot project di Indonesia. Kanim Kota Bogor mulai berbenah. Tidak ada lagi calo pasport bergentayangan di depan kantor menawarkan jasanya. Tidak ada lagi suasana riuh rendah pengunjung saling mendahului untuk mendapatkan pelayanan secepatnya. Bahkan, menurut Ibrahim, pegawai Kanim dilarang pergi keluyuran meninggalkan meja kerja selama jam-jam kantor. Jika ketahuan, akan kena sanksi tegas.

Langkah tegas ini dilakukan untuk menjamin pelayanan cepat dan prima, kata pria kelahiran Palembang ini. Ibrahim sejak ditunjuk sebagai Kepala Kanim Kota Bogor giat melakukan pembenahan-pembenahan didalam tubuh instansinya. Ia berupaya merubah citra kurang baik di lingkungan Kanim selama ini.

Alhasil, untuk pelayanan pasport bisa diurus cepat dan murah. Asal diurus sendiri dan tidak diwakilkan ke biro jasa. Menurutnya, biaya kepengurusan pasport hanya Rp. 270.000,- dan bisa selesai dari waktu sepekan. Ibrahim lebih menghargai warga yang mengurus pasport dengan cara diurus sendiri. “Mereka akan kami prioritaskan dan akan mendapat pelayanan VIP,” yakinnya. Tapi dirinya tidak melarang warga yang ingin mengurus pasport melalui biro jasa. “Silahkan saja. Toh kami tidak bisa memaksa. Mungkin saja mereka sibuk,” katanya. Denger-denger, ngurus pasport pakai biro jasa lumayan mahal sekitar Rp. 600.000,-.

Emang sih, kalau ingin cepet praktis bisa lewat biro jasa, sebab kalau diurus sendiri paling tidak harus datang dua kali, yaitu saat pendaftaran, wawancara, foto dan saat mengambil pasport yang sudah jadi. So! Tinggal pilih saja mana yang suka.

Sebagaimana diketahui, Kanim Kota Bogor melayani tiga wilayah yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kota Depok. Namun dalam kenyataannya tidak jarang Kanim Kota Bogor yang beralamat di Jl. Ahmad Yani, Tanah Sareal, melayani juga warga dari Cianjur, Sukabumi, dan bahkan Jakarta. Selain tidak ribet, mungkin juga karena pelayanan di Kota Bogor relatif lebih cepat dan pasti.

Selamat deh, pak Kanim! Sukses selalu menyertai Anda dan jajarannya. [Imngrh]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan. Tandai permalink.

6 Balasan ke Kabar Baik dari Kantor Imigrasi

  1. risna berkata:

    Saya mau tanya total biaya membuat passport seluruhnya berapa yah?Trus klo seandainya si pemohon tidak dapat datang untuk foto dan wawancara karena sibuk boleh atau tidak?adakah cara agar tanpa calo tapi tidak perlu datang untuk wawancara?Dan bisa kah ktp depok buat passportnya di kantor imigrasi jakarta selatan?klo bole berapa biayanya sekarang?mohon informasinya.terima kasih

  2. yani shintiana berkata:

    mohon info. kami sekeluarga 2 dewasa 2anak ( 5th dan 1,5 th) ingin membuat paspor.pertanyaan :
    1. Berapa biayanya?
    2. anak-anak dibuatkan sendiri atau bergabung dengan ortunya?
    3. Kami tinggal di parung Bogor, mengurus paspornya dikantor imigrasi mana? dan dimana alamatnya.
    terima kasih atas infonya.

  3. Reggy Priyanto berkata:

    mohon informasinya, akte lahir saya hilang bisa digantikan dengan ijazah saja tidak or ada document pengganti
    thnks

  4. Mahendra Aditya berkata:

    Sayangnya sampai beberapa bulan yang lalu masih aja ada kejadian gini… cape deh

    http://suarapembaca.detik.com/read/2010/05/14/164616/1357218/283/pelayanan-uang-lebih-kantor-imigrasi-bogor

  5. nining berkata:

    maaf mau tanya saya pernah mohon bikin paspot di ktor imigarasi bogor tpi kenak tolak,pd bulan 3.2011,apakah saya msih bs bikin paspot lgi,saya sudah byk keluar uang,kata data saya masih di komputer,kata data tu tak bisa di hapus,jdi msih bisa kah saya bikin paspot lagi…

  6. asep supardi berkata:

    met knal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s