Cungkring

CungkringJABARU – Judul diatas mungkin terasa aneh ditelinga kita. Tapi tidak demikian dengan penggemar jajanan di tataran Sunda. Yang jelas Cungkring bukan nama binatang. Ia nama jajanan khas Sunda terbuat dari cingur sapi yang diberi bumbu warna kuning.

Disajikan dengan cara ditusuk seperti sate dan cocok disantap dengan nasi ketan putih campur kelapa parut. Apalagi ditambah gorengan seperti tempe goreng atau oncom goreng. Jika Cungkring sampai dilidah, terasa kenyal-kenyal gurih. Sekali santap pasti ketagihan. Apalagi bumbu warna kuning yang membalut sate Cungkring.

Cungkring dapat disantap kapan saja. Lebih enak jika disantap saat masih hangat. Cungkring yang enak biasanya berkulit tebal dan tidak keras. Jika digigit, gigi kita tidak perlu susah payah mengunyahnya.

Kata orang-orang, cungkring cocok untuk orang yang sedang sakit maag. Katanya sih, kulit yang dimakan dapat membantu merekatkan atau menguatkan usus.

Cungkring bisa didapatkan dimana saja, terutama di pasar-pasar tradisional di seluruh Kota Bogor. Ada juga yang dijajakan berkeliling. Tapi Cungkring yang paling enak adalah Cungkring yang dijual di Jl. Pengadilan, Bogor Tengah. Lokasinya tepat depan sekolah Regina Pacis.

Harganya pun relatif murah. Antara Rp. 500 hingga Rp. 1.000 tergantung besar kecilnya ukuran.

Jadi…kalau mau coba rasa Cungkring silahkan berburu jajanan khas tersebut di Kota Bogor. [Imngrh]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Kuliner. Tandai permalink.

4 Balasan ke Cungkring

  1. infogue berkata:

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di http://www.infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

  2. kelvin berkata:

    aku adalah penya yang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s