Oleh-Oleh dari Pangkal Pinang

BOGOR – Selama empat hari (2-5 Juli 2007) Saya melakukan kunjungan kerja ke Pangkal Pinang, propinsi Bangka Belitung. Banyak pengalaman yang didapat. Mulai dari kelebihan Kota Pangkal Pinang dari sisi pemerintahannya sampai aneka makanan khas Bangka. Berikut sebagian pengalaman Saya yang bisa diceritakan kepada Anda.

Peraih Adipura

gdgnasional1.jpgSiapa sangka Kota Pangkal Pinang adalah peraih Adipura tahun ini untuk kategori kota sedang. Upaya yang dilakukan pemerintah kota (pemkot) sangat luar biasa. Setiap sudut kota terlihat bersih, tidak ada sampah yang berserakan. Sepanjang yang Saya ketahui, saat berkeliling kota Pangkal Pinang, jalan-jalan tampak bersih dan tertata rapih. Demikian juga dengan pasar-pasar tradisional. Tidak ada gunungan sampah yang menyebarkan aroma tidak sedap.

Selain itu sangat jarang ditemui kemacetan seperti di Bogor. Boleh jadi mungkin karena jumlah penduduknya yang relatif sedikit, hanya sekitar 125.000 jiwa dengan luas wilayah 89,40 km2. Tampak juga papan nama jalan dan rambu-rambu yang ditata secara apik. Setiap jalan diberi papan nama dalam bahasa Indonesia dan Arab Melayu.

Demikian juga dengan gedung-gedungnya tertata secara baik. Hanya sayang akhir-akhir ini banyak ditemukan gedung-gedung menjulang tinggi yang tidak ramah. Kaku dan menyeramkan. Bisa ditebak bangunan tersebut adalah rumah burung Walet yang sengaja dibangun oleh pemiliknya untuk menampung burung-burung Walet yang ingin membuat sarang. Burung Walet ini memang banyak ditemukan di Pangkal Pinang.

Makanan Khas

Sebagai pusat kota bisnis dan wisata di propinsi Bangka Belitung, kota Pangkal Pinang dikenal juga sebagai pusat makanan khas Bangka. Berikut adalah beberapa makanan khas yang sempat penulis ketahui dan cicipi.

1. Ikan Sayur Kuning

sayurkuning.jpgMakanan ini seperti sayur sop namun berwarna kuning. Terbuat dari ikan laut, potongan nenas dan campuran bumbu kunyit, lengkuas, bawang, gula dan garam. Rasanya gurih dan menyegarkan. Ikan yang digunakan biasanya ikan Kerisi yang banyak ditemui di perairan Bangka. Bentuknya kecil-kecil seperti ikan sarden. Ikan akan terasa lebih nikmat jika dimasak dalam keadaan segar. Sebab akan membuat daging ikan terasa lunak jika dimasak. Sayur ini banyak dijual di warung-warung.

2. Rusep

rusep.jpgMakanan ini terbuat dari ikan teri yang diasinkan dan diperam selama satu pekan. Kemudian disimpan didalam botol-botol untuk diawetkan. Rasanya asin-asin manis. Cocok jika dimakan dengan daun singkong rebus dan cabe yang telah diulek (digerus -pen). Biasanya dimakan sebagai temannya nasi.

3. Cacing Laut

cacinglaut.jpgSesuai dengan namanya makanan ini terbuat dari cacing laut yang dikeringkan dan diasinkan. Orang Bangka menyebutnya Wa’ wa’. Sebelum digoreng, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu agar dapat berkembang sempurna. Rasanya manis-manis asin seperti makan cumi-cumi. Konon kabarnya, jika dikonsumsi teratur, cacing laut bisa mengobati penyakit tipes.

4. Terasi

terasi.jpgSelain Sidoarjo dan Cirebon, Pangkal Pinang juga memiliki terasi khas yang terkenal enak. Terbuat dari olahan ikan teri pilihan dan bentuknya besar-besar seukuran ember. Agar ekonomis biasanya dicetak persegi empat dengan beragam jenis ukuran berat; seperempat, setengah dan satu kilo. Satu kilo terasi harganya Rp. 15.000,-

5. Kerupuk

Jenis krupuk yang dijual di Pangkal Pinang juga beragam, mulai dari kemplang, kuku macan, pilus, krupuk ikan, krupuk kembang tahu, krupuk siput gonggong, dan sebagainya. Harganya bervariasi antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 50.000,-. Untuk pilus yang enak bentuknya bulat berwarna putih. Lebih nikmat jika dimakan dengan bakso atau asinan.

6. Dodol Cempedak

Makanan ini juga sangat terkenal di Bangka. Terbuat dari daging buah cempedak pilihan. Rasanya kenyal-kenyal manis. Tapi harganya cukup mahal. Satu pack kecil sekitar Rp. 25.000,- namun banyak diburu pembeli.

belanja_pgklpng.jpgSemua makanan ini bisa didapatkan di toko dan pasar di kota Pangkal Pinang. Tapi kalau ingin lebih murah, Saya sarankan Anda membelinya di pasar-pasar tradisional. Hanya saja untuk pasar tradisional waktunya terbatas karena hanya buka sampai sore hari. Sedangkan toko-toko makanan buka hingga malam hari. [imngrh]

About these ads

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Tulisan ini dipublikasikan di Belanja, Catatan Perjalanan, Kuliner, Pemerintahan. Tandai permalink.

50 Balasan ke Oleh-Oleh dari Pangkal Pinang

  1. arie berkata:

    apa bisa cacing laut dijadikan makanan?

  2. icha afrianie berkata:

    hy pankal pinang gw anak palembang tp gw ngefans bgt ma bangka…!!!
    q pengen bgt kesana………..!!!
    tp g1tw kpan

  3. vesua berkata:

    kite jg urang bangka,emank kok mkanan bangka tu uweeeeeeeeeeeeeeenak dah.dijamin klo urang luar kebangka g kan pulang agik kedaerah asalnya.ikak lah nyube lom?nyesel ikak lom nyube masakan bangka tu.

  4. cs girls berkata:

    kami ne tige cewek cikar dr bangka tengah n bangka induk.km kangen lah nek pulang kebangka tp dak de libur e.km kangen kek lempah kuning,tekwan,sambel belacin,lempah daret,rusep,pempek,serta lalapan e.ne ge aek liyur kami lh ngiler.ehmmmmm…………………….enak e.lah ok nak pulang dulu keasrama randu tp agik ujen disine km nunggu dikampus.daaaaaaa…..salam manies….”cs girls”SEMARANG

  5. Ping-balik: Makanan Khas Bangka « JSL’s Personal Blog

  6. shallypristine berkata:

    seperti kata cs girls,, ikan sayur kuning itu namanya lempah kuning. enak banget!!

  7. lukluk berkata:

    Cem mane kisah wo,nek pulang da de waktu aben ni. Kami ge la rindu ki kampung halaman di pkl pinang. Kami di lembawai tinggal ki ato nyai kami disane. Yo main kerumah kami men nek belacan.

  8. ana berkata:

    pulau bangka memang tmpt impian yg bgs.pa lg tmptnya bs dijdkan tmpt romantis serta makanannya enak2.

  9. ana berkata:

    harapanqu bs ke pulau bangka dgn org yg sgt aq syg yaitu david…

  10. AMCA berkata:

    wah jadi ngiler…. teringek kek masakan lempah kuning mak ku….. Hmmmmmmmm…hmmmmmmmmmmmmmm… laper… :)

  11. akbar berkata:

    please i miss you “BANGKA” i hope go back in my country, you now, any more interest in bangka about caltures, foods, beachs,and someting else……wait me …..BANGKA

    BANGKA, inget manau, cempedak, kelubi, binjai, rembiak, dll
    BANGKA, inget paser padi, rebok, parai, bedukang, tuing, dll
    BANGKA, inget keritek, pempek, lempah kuning, lempah daret
    BANGKA, inget belacan, rusep, kecalok, pekasem, dll
    BANGKA, inget belinyu, pengkal, mentok, teboali, kubak, dll
    BANGKA, inget bujang, miak, acit, kalok, dul, dll

  12. Rahadian berkata:

    Bangka, Tua Bangka Kali , ngak jelas kulinernya banyak yang ngoplos dari Plembang dari blitung dari riau dari padang dari cina dari mana-mana ,…ngak ORI,, Gitu Lho . betul kan

  13. bbeb berkata:

    keren bgt githo loh

  14. jo berkata:

    hai, pangkalpinang kota kelahiranku. ku kuliah hanya untukmu, agar kau lebih maju.

  15. eko.setiawan berkata:

    trima kasih buat mas Iman-Nugraha.Beliau yang bukan orang bangka tapi bisa memberikan apresiasi yang cukup lengkap,baik dan objektif terhadap kota kami,padahal beliau cuma berkunjung sebentar.mudah-mudahan aja beliau dipindah tugaskan di pangkalpinang,tentu akan sangat berguna bagi kota pangkalpinang khususnya dan pulau bangka pada umumnya.applause buat mas Iman-Nugraha.eko magelang ( 081903913617 )

  16. chuex berkata:

    la nyube otak2 lum,sekalian mie yan okkkk

  17. selly berkata:

    bangka top bener,,kangen la 10 taun ku da pulang ke bangka.rindu ke ato n nek kami..ape agi lempa kuneng buatan nek mantap…tp tunggu bulan juni ku nak ke sani tunggu ok

  18. khotami berkata:

    dek salah agx,,dekde yang dek nyamen di bangka ya…
    apa g nyamen…

  19. khotami berkata:

    ko lah setaon dek pulang ke bangka…
    weu,,,kngen brat ko kek rusep…
    minta krim luk kek mak ko…

  20. roma berkata:

    siape bilang makanan bangka dak ngangenin, biniku ge sampai2 dak tahan agik nek pulang kebangka. apa agik sekarang tengah hamil, ngidam e makanan bangka semua. urang bangka mane yang lupa kek masakan bangka. nama masakan bisa sama tapi rasanya uuueeennnaaakkk bener. pokok e rase e dak ketanding dengan masakan internasional. tunggu ok bangka ku bulan juni ne kami sekeluarga akan balik kampung, kami akan tinggalkan sejenak daerah mukomuko bengkulu yg sebenar e kami dak betah agik , kami hanya keinget kek bangka lah. by….by…

  21. netta berkata:

    Bangka emang indah pantainya. Gw paling suka pantai parai, bnr2 exotic dgn batu2nya. Gw kangen banget pingin ke bangka lagi tp entah kapan gw bs kesana lg.
    Yg ngajak gw ke Bangka adalah org yg paling gw cintai dan gw sayangi dan sampai kapanpun perasaan gw ke dia ga akan berubah. Dia adalah hidup gw….!! dia udah memberikan kenangan yg sangat indah tentang kota Bangka, dia udah menjadikan kota Bangka menjadi kota impian gw. Tp sepertinya gw ga akan pernah meraih impian itu, Tuhan mungkin hanya mengijinkan gw untuk menikmati kota Bangka hanya untuk sesaat bukan untuk selamanya.
    Knp jg harus ada perbedaan di antara kita, napa jg keadaannya harus seperti ini??
    I love u my beib..
    Terima kasih kota Bangka untuk kenanganmu yg indah.
    Gw berdoa smg kedepannya Bangka akan menjadi tujuan wisata domestik dan international.
    Untuk pemerintah Bangka, jadikanlah kota Bangka menjadi salah satu ikon Indonesia karena keindahan pantai2 di Bangka tak kalah dari pantai2 di Bali, exotic batu2 di pantai2 Bangka tak akan pernah org temukan di Bali. Maju terus untuk Bangka…!!!!

  22. ridho berkata:

    ku kangen baget kek bangka lah 2 th ku dak pulang ke bangka karena di tugas kan negara ke medan,maklum jadi pns susuah kebetulan ku lulus pns di diknas rekrutmen pusat.walau berat hati meninggalkan keluarga,senagngan kampung ku di sangku kec.tempilang,ku keinget kek masakan mak ku empah kuning kangen banget .salam kenal dari ku ridho harta urang sangku men ke medan tlp bi ok 081368688891,pasti ku jemput n ku anter keliling2 sumatera utara.salam kangen kangen22222222222 banget untuk bangka.

  23. ridho berkata:

    ku kangen baget kek bangka lah 2 th ku dak pulang ke bangka karena di tugas kan negara ke medan,maklum jadi pns susuah kebetulan ku lulus pns pormasi dosen kebetulan ku lah tamat s2 di unpad di diknas rekrutmen pusat.walau berat hati meninggalkan keluarga,kenagngan kampung ku di sangku kec.tempilang,ku keinget kek masakan mak ku empah kuning kangen banget .salam kenal dari ku ridho harta urang sangku men ke medan tlp bi ok 081368688891,pasti ku jemput n ku anter keliling2 sumatera utara.salam kangen kangen22222222222 banget untuk bangka.

  24. dika berkata:

    q ge anak bangka…
    mn kawan2 tau care buet mknn dr cacing laut tu,tlg kasih tau ku ok..
    tlng kirimin data2 e ke email ku..
    restuwijaya_mahardika@yahoo.com.
    tolong ok…men pack secepet e…mksh sebelm e…

    q kangen bnr kk bangka…

  25. devi berkata:

    ku juga urang bangka(koba) bener kangen ama masakan disane tapi mamaku sering datang ke jkt yang paling kangen kalo lagi ade acara di sana, imlek(cari angpau), sembayang rebut di kelengteng, sembayang di kuburan…..aduh…kangen bgt….maklum besak di bangka

  26. eko cahyono berkata:

    Bangka…
    Kenangan sepanjang masa..
    pantai parai yang mempesona..
    Kunikmati bersama kekasih yang ku cinta..
    Andaikan aku bisa balik ke sana..
    Ku cari dikau yang dulu sempat membuatku terpana..
    Dan krupuk yang sempat kita makan berdua…
    Adalah makanan terenak di dunia…
    Bangka… kenanganku bersamanya..
    ….
    ….
    Bravo bangka
    (Backpacker Surabaya)

  27. misbach berkata:

    tgl 1-7 april 09..sbuah knangan maniz..ktika ku pijakkan kakiku dibandara ADIPATI AMIN…angin kota timah itu menyambutku dngn ramah….Seramah penduduknya,,,mataku dimanjakan dngn pmandangan alam yang indah….keindahan pantai parai,Sungai liat,juga menyapa aku dalam setiap langkah ku selama di pulau timah…..Otak-otak,lempah kuning,lakso,dan masih banyak yg lainnya adalah kuliner daerah bangka yang pantas dibanggakan..di semabung,kampung bintang juga jadi kenangan…angin malam pulau itu mengingatkan ku…dan menina bobokan ku selama disana……aku dak tau kapan ku k sane gi’…….? Salam buat li khon koy,ko”cit, aliong….Yang terkesan dari pulau bangka adalah BERSATU,dalam segala tingkah dan laku,bermasyarakat tak memandang suku,bahasa,agama semua adalah saudara…….terimakasih bangka,aku bisa belajar dari masyarakatmu yang terkenal akan keramahannya…….

  28. Franky berkata:

    Hi, I am looking for Lody Duarte ( son from Henry L.Duarte ).Somebody told me he lives in Pankal Pinang.Please contact me.

  29. Micen berkata:

    Wui urang bangka ap kbr a?
    Ku g la lame dak pulang bangka.
    Imlek to terakhir ku pulang.
    Bangka yang ku kangen binjai,klubi,jambu bandar uh gemes ni.
    Eh ikak men urang bangka kite kenalan yo.
    Datang gi email ku ok micenfong20@yahoo.co.id.

  30. boy berkata:

    bangka emang is the best bgt…..
    makanan, t4 pariwisata, dan orang2nya ramah semua bisa didapetn di bangka..
    katanya ora2 sich Bali k-2, tP b’hbung sYa Lon pRnah Ke Bali, bagi sY Bangka tTep IS THE BEST….

  31. cyberbangka berkata:

    mantap jadi ngiler nich, itu semua makanan favorit aku

  32. Mbah Cyber berkata:

    Wah jadi laper nich kalo ngomongin makanan, lempa kuning is the best

  33. kaka dan agus berkata:

    kami baru pulang ke BaNgka tgl 24 wuih dak sabar menanti hari kepulangan kangen ke orang tua, saudara, ponakan, dan mpek mpek, mie koba, rujak su’un, kemplang, kretek, uta uta, rusep.

  34. christian putra berkata:

    auk… ku ge kangen kek bangka… bangak its not perfect living but least interesting……… ku ge rindu kek makanan bangka… pokok a bangka is the best lah…….. bangka wait me………

  35. fendi berkata:

    saya sangat bangga menjadi orang bangka yang tahun ini mendapat penghargaan adpura,smoga ditahun berikutnya bisa menang lagi,cuma saya mau bertanya kapan kota kita menjadi kota yang maju karena jujur kalo dikota besar sekarang udah susah cari makan,smoga nanti tidak ada lagi yang keluar dari kota pangkal pinang yang kita cintai,dan mohon bapak GUBENUR,dan segenap jajarannya mau merngerti akan rakyatnya AMIN.

  36. yana berkata:

    woooowww,,,,,,,,,
    Bangka Belitung,,,,,,,,,,,,
    ana pasti datang kesna,,,,yang pastinya ke pangkal pinang nya,,,,insyaalloh taun depan,,,ana pengen ngelilingi semua daerah disana,,,fans berat uy,,,pengen nikmati keindahan lautnya,,,,
    salam hangat dari Bandung

  37. The Tin's black hottest berkata:

    Ape2 neh.
    Mumpung maseh ade, terus exploitasi aje timah e.
    Lah abis timah è, pasti tenggelem pulo e.
    Hahaha.

  38. Tori berkata:

    gue pernah tinggal dipangkalpinang selama 7 tahun kurang lebih,saya sangat betah n ingin datang kembali ke pulau yang indah ini n berkesan dalam hidup saya..miss u my island.

  39. erwin berkata:

    lempah darat nya mana kok gak dimasukin

  40. amd berkata:

    kalo dijakarta bs dpt makanan khas diatas dimana ya ?
    thx

  41. Anty berkata:

    aq jga pernah mrantau ke pangkal pinang,bahkan lahir pun q disanen,q rindu ama tanah kelahiranqu

  42. arie wong berkata:

    Bangka and Pk.pinang is the best place. it’s people is warm…Come to bangka, you must get surprise with people,natures, foods and all about it……… beach with big stone is very eyecatching …..I’ll always miss u Bangka Island

  43. rere berkata:

    wah blognya rame, hebatt ihh

  44. Fadhil berkata:

    Q la dk hbr gik nek plng ke bangka qu kngen ke’ lempah kuneng mak qu yg euuuuuuunak bngt qu kni e di tangerang

  45. Julita berkata:

    Kame org2 bangka yg ade de medan kami tiap bulan kumpul mengadekan arisan keluarga orang bangka walo dah 16 taon dek pulang tp tiap bulen kami dpt menikmati makanan khas bangka lempah kuning, lempah deret & tumis pucok ubi & gale2 pemakan khas bangka pokoknya nyamenn xxx. . I love bangka ( desa dalil )

  46. ririn.lestari berkata:

    iyaa lah bangka emang kerennn….,grutama urag e cikar2..HIIIII

  47. andrian berkata:

    awak pun senang ke bangka’ banyak nian amoy di sana

  48. rahman berkata:

    kami ,,orang ,bangka ,,skg ,ade di jawe barat ,,,,,,kuningan ,cilimus ,,,kapan …ade orang jual ,,lempok cempedak ….di,,jawe ,,,,,ku,,nak beli ,,,,,sepanci,,,,,,ha ha ha ha,,,,,,,,,biar belengnger ,,,,,,mks,,,salam anak anak bukit tani ,,,pentong ,,,kelowor ,,,paimin ,,iksan ,,,,salam ,,dari ,,rahman ,,annisa nada ,,,jabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s