Sunat yang Disyari’atkan

ahmad1.jpgBOGOR – Hari ini, Ahad (8/7), merupakan hari yang menggembirakan buat kami sekeluarga. Ahmad Dhiya’uddin, anakku nomor empat, disunat. Sunat adalah prosesi memotong ujung cupil (jawer dalam istilah Sunda –pen) kemaluan pada laki-laki dan merupakan salah satu sunnah nabi yang disyariatkan dalam Islam. Selain pada laki-laki, sunat juga dilakukan pada kalangan perempuan.

Kebetulan hari ini anak-anak liburan sekolah. Jadi, sambil mengisi liburan sekolah, Saya dan istri sepakat untuk melakukan sunat untuk Ahmad.

Pagi itu, Ahmad terlihat tenang. Tidak ada tanda-tanda ketakutan dari raut wajahnya bahwa hari itu ia akan disunat. Ia santai aja. Malah sambil mengisi waktu ia menyempatkan main Play Station 2 (PS2) kegemarannya.

Ia berdandan dengan sangat rapihnya. Sengaja Saya belikan satu stel baju muslim baru warna oranye. Tak lupa juga Saya belikan sarung dan peci khas Aceh di Pusat Grosir Bogor (PGB).

Saya ingatkan dia agar berwudhu terus berdoa. Semoga acaranya lancar dan tidak sakit. Tanpa maksud berbohong, Saya hanya memberitahu Ahmad bahwa sunat itu sakitnya seperti digigit semut. Sakit tapi tidak lama. Ia mengangguk tanda mengerti.

Jam 8 pagi sebuah pesan singkat mampir ke handphone Saya. Bunyinya, “Pak, saya segera meluncur kesana”. Ini pesan dari teman Saya yang akan menyunat Ahmad. Kebetulan ia bekerja di salah satu rumah sakit di Kota Bogor.

Setengah jam kemudian, Endang – nama teman tukang sunat tadi – datang. Seolah sudah paham tugasnya ia langsung mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan sunat.

Dari balik tas ranselnya yang besar ia keluarkan gunting, obat merah, suntikan, kain kasa, dan terakhir sebuah alat seperti adaptor berwarna hitam. Alat itu tak lain adalah laser untuk memotong cupil kemaluan. Menurut Endang, dengan alat ini si anak tidak akan merasakan sakit dan cepat kering.

Setelah segala sesuatunya siap, Ahmadpun dipanggil dan dibaringkan ditempat tidur yang sudah dipersiapkan. Ia sedikit ragu dan terlihat mau mundur. Tapi Saya yakinkan bahwa prosesnya sebentar dan tidak sakit. Akhirnya ia mau sambil sedikit takut.

sunat.jpgEndangpun siap dengan alatnya….cesss….krik krik krik…zzeeppp. Ia bekerja dengan sigap. Sementara Ahmad teriak nangis sesengukan….ia menjerit! “Sakit….sakit….sakitt,” erangnya.

Usai disunat, Ahmad kelelahan. Mungkin ia capek menahan sakit. Keringat bercucuran membasahi dahi dan mukanya. Ia tetap menangis….tapi sejenak kemudian ia tertidur….pulas sekali.

Setelah bangun ia tertawa karena disampingnya banyak tumpukan amplop berisi uang dari keluarga dan saudara-saudaranya. Ia hanya tersenyum sambil menahan perih. Tapi Saya tahu hatinya gembira dan senang.

Selamat ya! Semoga cepat sembuh. [imngrh]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Keluarga. Tandai permalink.

5 Balasan ke Sunat yang Disyari’atkan

  1. rudi_p berkata:

    setau saya sunat pake adaptor namanya kauter (cauterisasi)?? dan ini memang “membakar” luka jadi cepat kering.. tetapi dibanding sunat pake gunting..sunat kauter lebih sakit lo..coba saja metode yang lain pak..yang terbaru katanya dengan cincin (indonesia), sunathrone buatan malaysia (kalau ada anak lagi..)

  2. imngrh berkata:

    Makasih infonya pa Rudi…nanti buat anak saya yg kelima saya coba sistem cincin (sunathrone)…

    Iman Nugraha

  3. Atim Widodo berkata:

    Kalo di Jogja, tukang sunat cincin yang bisa diundang kerumah ada nggak ya??? trus biayanya kira2 sampe berapa?
    Trims sbelumnya utk infonya.

  4. Atim Widodo berkata:

    Masalahnya dalam waktu dekat ini (lebaran haji) saya berencana nyunatin 2anak saya, sementara yang satu anak masih agak takut. Saya berusaha nyariin metode sunat yang paling aman dan tidak terlalu sakit. Apakah metode cincin itu yang paling aman pada saat ini???
    Trims sebelumnya.

  5. m.nidom hasani berkata:

    anak sayaini tidak mau sunat padahal sudah smp alamat saya jl tambak mayor Gg4 no4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s