Tahukah Anda Tanaman Apakah Ini?

nibung-palai.jpg
BOGOR – Pertanyaan diatas layak ditujukan kepada Anda dan juga diri Saya sendiri. Tanaman apakah ini? Lihat foto diatas. Sekilas seperti pohon kelapa kecil. Tapi Anda pasti kaget kalau gambar foto diatas adalah tanaman Anggrek. Tepatnya Anggrek Macan atau Anggrek Harimau.

Tanaman ini Saya jumpai ketika Saya berkunjung ke desa Pusu, Bangka Barat. Saat itu Saya diberitahu oleh Rojali, tokoh masyarakat disana, bahwa tanaman itu adalah Anggrek Macan. Atau orang Bangka bilang Nibung Palai. Menurutnya, Nibung Palai banyak dijumpai di hutan-hutan di sekitar Bangka dan Sumatera. Jika kita tidak jeli, tanaman ini pasti kita anggap tidak berguna karena tumbuh di sela-sela pohon. Kadang ia berlindung dibalik semak-semak dan tanaman liar lainnya.

Padahal bagi penggila anggrek, tanaman ini sangat dicari. Karena harganya relatif mahal. Untuk yang ukuran kecil harganya sampai Rp. 400.000,-. Kalau sudah mekar berbunga bentuknya sangat indah seperti macan.

Anggrek Terbesar

grammatophyl1.jpgGrammatophyllum Speciosum, atau Anggrek Harimau, adalah anggrek terbesar di dunia. Berkembang biak di sela-sela pohon besar, anggrek ini bisa mencapai panjang 15 ft; Satu rumpun tanaman pernah tercatat memiliki berat 2 ton. Berada di lingkungan panas, hutan tropis yang lembab di kawasan Malaysia, Sumatra, and New Guinea, anggrek ini dikenal karena penampilannya yang luar biasa pada saat berbunga, walupun cuma berbunga sekali dalam 2 sampai 4 tahun.

Bunga anggrek harimau, juga dikenal anggrek tebu, sangat tahan lama dan dapat bertahan sampai 2 bulan. Bunganya dapat mencapai 6 in berwana kuning krim denga bintik coklat atau merah tua. Stem bunga dapat mencapai 6-9 in dengan 60-100 kuntum per tangkai.

Info lebih lengkap bisa dibaca di:

http://www.anggrek.org/

So! Anda penggemar anggrek? [imngrh]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Catatan Perjalanan, Komunitas, Tanaman. Tandai permalink.

8 Balasan ke Tahukah Anda Tanaman Apakah Ini?

  1. Edwin Rikarno berkata:

    Selamat siang
    Saya baru mendapatkan anggrek tebu dari kalimantan. saya mau menanyakan media tanam apa yang cocok untuk menanam anggrek tebu. tempat yang untuk menempatkan anggrek tebu dimana? apakah harus dibawah naungan/paranet atau bisa di halaman terbuka yang terkena sinar matahari langsung..? dan bagaimana cara merawat anggrek tebu agar tumbuh dengan subur dan indah..

    Terima kasih

    Edwin

    • waluyo berkata:

      salam kenal mas edwin….
      begini kalau untuk anggrek tebu tuh lebih baik ditanam di pot tanah liat yg besar dengan media pakis…..juga kalau agar anggrek tebunya menjadi indah dan bagus tuh lebih baik ditaruh saja ke tempat yg panas……soalnya dirumah saya anggrek tebunya saya taruh di tempat yg panas.dan skrng udah menjadi bagus…..

  2. imngrh berkata:

    Mas Edwin,
    Saya gak bisa jawab pertanyaan Anda karena memang Saya bukan ahli Anggrek. Maaf ya. Tapi untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi website yang ada ditulisan di atas. Semoga mereka bisa jawab. Trims.

    Iman

  3. ochy berkata:

    pasaran anggrek nya berapa yach?

  4. jahel berkata:

    Saya sudah mengenalnya sejak bekerja di pulau bangka pada 2008, yg penduduk setempat menyebutnya Nibung Palai. Saya telah membawa 2 batang ke Pematang Siantar Sumatra Utara dan telah mulai bertumbuh. Namun pada September 2009 saya berhasil menemukan anggrek ini di Hutan di kampung saya di dekat Pematang Siantar dan menanamnya di halaman rumah dan sudah mulai bertumbuh jg.
    Sukses buat penggemar Anggrek Macan semoga berhasil membuatnya berbunga dan bisa melihat keindahan dan keanggunan anggrek ini… Trimss

  5. Joko p berkata:

    kalau yang bagus campuran cacahan pakis dan arang, bisa di tambahkan sekam bakar sedikit dengan perbandingan 40;40;20

Tinggalkan Balasan

