Raden Kan’an

BOGOR – Adalah Putra Raden Koyong. Ia mempunyai dua saudara laki-laki yaitu Raden Emas, makamnya terletak di Jatinegara, dan Raden Muhyiddin atau dikenal dengan nama Raden Iyi. Konon bahwa Raden Kan’an dan Raden Muhyiddin (Iyi) semasa hidupnya bergelar Demang yang berada dibawah pemerintahan Tumenggung Wiradireja yang berkedudukan di Sukaraja, sedangkan Dalemnya adalah Aria Wiratanudatar (Dalem Cikundul).

Raden Kan’an dan Raden Muhyiddin (Iyi) berkedudukan di Tanah Baru. Keduanya tidak hanya seorang santri tapi juga seorang yang sakti mandraguna. Dalam cerita yang berkembang di masyaratkat Tanah Baru konon kesaktian Raden Kan’an sangat tinggi hingga mengalahkan Mbah Khair, Pendekar Cimande saat itu.

Dalam perjalanan hidupnya Raden Kan’an dan Raden Muhyiddin mempunyai keturunan yang hingga saat ini mendiami Tanah Baru. Hingga wafat kemudian Raden Kan’an dan saudaranya Raden Iyi, dimakamkan berdampingan di Astana Gede, Tanah Baru, Bogor Utara. Wallahu a’lam. (sumber: Majalah Gentara Madani)

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Bogor Tempo Doeloe, Sejarah, Tokoh. Tandai permalink.

55 Balasan ke Raden Kan’an

  1. Dewi Sri berkata:

    Alhamdulillah! Kami juga mohon informasi tentang lokasi makam-makam raja-raja pajajaran yang ada di sekitar Kota Bogor..!? Terima kasih.

  2. Iman berkata:

    Insya Allah akan Saya lengkapi informasi tentang sejarah Kota Bogor..kunjungi juga di blog lainnya http://www.iman-nugraha.net.

  3. Hendar berkata:

    Terima kasih pada Bpk Iman yang telah mengupas keluarga P. Sogiri di dunia maya. Sehingga kami tinggal klik di google sudah bisa mengetahui karuhun. Mohon info, apakah bapak mengenal Mbah Thoyib atau R.H. Thoyib…? Apakah beliau anak atau cucu dari Kan’an atau Iyi Sogiri…? Kami sendiri buyut dari Mbah thoyib tersebut. Trims hendar

  4. imngrh berkata:

    Buat mas Hendar, trims sudah berkunjung ke blog Saya. Tentang hal yang bapak tanyakan Saya harus telusuri dulu silsilah Pangeran Sogiri ke orang-orang yang lebih mengetahui di Kota Bogor. Mudah-mudahan bisa secepatnya didapatkan.
    Selamat Idul Fitri 1428 H…

    Iman N

  5. kang asep stokis hpa bogor berkata:

    saya suka lewat makam nya raden kan’an. konon katanya sih keramat lho mas.tapi jangan sirik kita tetap harus yakin bahwa orang yang dipilih oleh allah seperti raden kan’an ada banyak yang dapat diambil sebagai ibroh,….dan kalau datang ke makamnya tentunya kita juga merenung akan kah nama kita seharum beliu, dan akankah dihadapan Allah kita menjadi orang yang besar karena pengorbannya,….semoga aminnn

  6. ahmad.khan berkata:

    Ass..wr.wb!! Abah Imam saya mau bartanya kpd abah,apakah abah tau silsilah Raen Syariun bin Raden Laitani.kramat beliau di daerah Cilebut Bogor.dan apakah beliau masih keturunan/kerabat dari raden Kan’an / Raden muhyidin (iyi).apabila masih ada keturunan dari raden kan’an /raden muhyidin (iyi) dgn segala hormat,saya mohon sudikiranya abah mau memberitahukan susunan silsilah beliau.(raden Syariun bin raden Laitani).karena menurut cerita dari para orang tua saya bahwa raden syariun masih keturunan Pangeran SAGERI (RadenSOGIRI).kurang lebihnya saya ucapkan terima kasih kepada abah.akhirul kalam Wassalaamu’Alaikum..Wr.Wb!!!

    • R. Muh.amin Daos berkata:

      Rade syariun bin raden laetani bin raden fu’adi bin raden abuddin bin raden aria tubagus hasyim bin pangeran shogiri bin sulthon agung

  7. ahmad berkata:

    Ass..wr.wb…!!! maaf abah,tolong dong lampirkan asal usul pangeran sasak & pangeran papak???mereka dari keturunan siapa??? apakah masih keturunan pangeran sake??? terima kasih…wass….

  8. adnan berkata:

    maaf sebelumnya

    saya pengen tau tentang kisah kakek saya namanya
    Raden abdul kodir padmanegara,,,,,,
    bapak tau gak,,,,????

  9. BAGIR berkata:

    ASSALAMU’ALAIKUM….., MA’AF MAU TANYA ADA YANG TAU SILSILAH KH. TERUK BIN SYEH MUHIBBAH

  10. R.Miftahudin berkata:

    Dupina pohara pisan yach keturunan raden kan’an sogiri… salam tepanb sareng salam kenal abdi Miftahudin, abdi asli keturunan tanah baru, cucu dari Raden Kan’an sogiri.. jajakallah khairon katsyiro..

    • miftah berkata:

      saya yg berasal dari pandeglang…

    • miftah berkata:

      maaf sebelum nya sudah mengganggu..saya cuman ingin di bantu,,saya baru tau yg nama nya pangeran sogiri dan anak nya yg bernama raden muhyiddin ,yg membuat saya aneh ,saya tau itu dari sesuatu yg di bilang tak nyata,,,ke jadian aneh yg slama nie saya alami bwt saya bingung,,,dan saya pun tak menyangka bisa mampir ke blog ini..tolong info dan bantuan nya,,wassalam

    • naqeb berkata:

      Pami raden kan’an gduh putra sbaraha nya…?

  11. R.Miftahudin berkata:

    upami nyondong patarosan, tiasa dongkap ka bumi abdi.. “Tanah Baru Rt 04/04 no.76 kecamatan bogor utara… atau tepang langsung sareng raka abdi “R.Abdurahman” InsyaAllah upami bade menelusuri silsilah di bantosan..

    • agus iriansyah berkata:

      assalammualaikum,wr.wb.
      salam kenak kang nama saya agus iriansyah… buyut saya yang wanita dahulu tinggal dikandang uncal cimahpar..namanya R,siti jama bin R.engkan.. apakah masih keturunan pangeran sogiri. terimakasih .

  12. assalamualaikum kalau ada yang tahu asal usul mas hasyim mas liyas mas dera mas bolong mas sura ulama banten khususnya daerah cisoka tangerang boleh dong informasinya sebab saya masih keturunan beliau beliau tpi msh misslink dgn kakek saya

  13. Raden hanafiah berkata:

    Ass

  14. Raden hanafiah berkata:

    Assalamualaikum nama saya : R.hanafiah bin R.syarif.hidayat bin R.H.sunardi bin R.HMuksin bin R.hamdan bin R.H Bakri bin R.endang supanji bin R.Joan bin R.mamak bin R.tanzul arifin bin Pangeran sageri sohibul karomah ( jatinegara kaum) utk saudara iman yg terhormat penyebutan nama tempat yg saudara utarakan Θĩ atas ‘tolong Θĩ perjelas’ nama jatinegara dgn nama jatinegara kaum berbeda..orang pasti berasumsi jatinegara identik dgn stasiun atau pasar Θĩ jakarta’ nama jatinegara kaum sangat sakral karena nama trsbt diberikan pangeran ahmad jaketra pada saat’menempati wilayah trsebut..tolong utk saudara iman hormatilah’karna salah penyebutan masyarak akan rancu menyikapi terima kasih wassalam@

  15. Riza berkata:

    Silsilah yang anda tulis salah , saya keturunan asli rden.hanafiah ,
    .jika ingin tau silsilah yang sebenar nya , kunjungi ajah pesantrenan rw 5 cimahpar , jl.r.hanafiah , pesantrenan dkat masjid al-jabidi , d depan makam raden hanafiah

  16. Riza berkata:

    Saya akan meluruskan sejarah cimahpar ,
    umum nya warga cimahpar , yg bermukim di rw 5 dan rw 3 adalah keturunan dari jayakarta dan pangeran senopati ,
    .menyangkut raden hanifiah adalah keturunan dari pangeran senopati , berawal dari pengembaraan tubagus mamak dan raden jabidi yang mash ktrunan pangeran senopati dan kemudian bermukim di sukaraja ,
    raden jabidi mempunyai anak yg bernama raden hanafiah kmudian bermukim di cimahpar , menjadi pembuka agama , keturunan’a hingga saat ini mempunyai 7 generasi ?
    .wassalam

  17. Raden hanafiah berkata:

    utk riza yg anda sebutkan benar..yg saya mksud nama saya Raden harry hanafiah ‘saya terkenal Θĩ jatinegara kaum hanafiah’ apakah salh jika nama itu sama? Yg jadi pertanyaan saya penyebutan nama tempat seharusnya bukan jatinegara tapi jatinegara kaum cuy (negara yg sejati) sy sebagai warga jatinegara kaum’kalo saya jelas silsilahnya anda boleh tanya ke ajengan nachrowi (p.assogiri cimahpar) ‘sedikit sy akan memperjelas kalau tdk ada jatinegara kaum’ tidak ada pula pesantren assogiri atau keturunan pangeran sogiri Θĩ cimahpar.. Begitu cuy..nama jatinegara kaum Θĩ berikan oleh pangeran ahmad jaketra pada saat beliau mendirikan satu komunitas Θĩ timur jakarta’begitu cuy..kalo nggak salah bukan R.hanafiah tapi R.khanafiah kali cuy yg ada Θĩ cimahpa coba saudara riza diliat plang deh wassalam@

  18. Raden hanafiah berkata:

    Utk saudara riza kalo memang anda keturunan dari pangeran sogiri coba tunjukan ke saya’ jalur mana yg anda pakai’ kalo saya jelas..masyarakat luas pun tau..jatinegara kaum adalah kampung bangsawan banten..jgn ngaku-ngaku anda keturunan pangeran sageri tanpa ada bukti “KUALAT” nanti kau..wassalam@

  19. Riza berkata:

    Nama saya : R.riza bin R.rahmat diningrat bin R h emay bin r rajunan bin r ardi bin r muhamad marup bin r khanafiah bin r jabidi bin tubagus baqir bin tubagus solih bin tubagus toyib bin tubagus dalem ahmad bin tubagus dalem panca bin pangeran aruna bin pangeran senopati bin temenggung utama bin pangeran agung bin pangeran mandura raja bin maulana yusup bin maulana hasannuddin bin sunan gunung jati kanjeng sinuhv sulton sarip hidayat tuloh , itu yang saya maksud , saya tidak menyebutkan saya trunah dari pangeran sogiri , anda bicara begitu bisa2 anda yang kualat , itu silsilah asli dri saya hingga sunan gunung jati atau sering dikenal sekh syarif hidayatullah , wassalam

  20. Assalamualaikum,
    Maaf Saudara saudaraku semua kalau boleh saya ikut berbicara, sy dari Sukaraja Bogor, tentng silsilah ini yang sy ketahui dari Silsilah Keturunan Pangeran Sogiri Jatinegara Kaum Jakarta Timur adalah bergelar Tubagus (jadi Raden) itu yg sesungguhnya,Tb Gamal Abdullah Alhuda bin Tb Gozali Alhuda bin Tb Dadang Inb Hasyim bin Tb Mahmud Alhuda bin Tb Madhur bin Tb Kan’an bin Tb Koyong bin Tb Kanzul Arifin bin Pangeran Sogiti itu yg sy ketahui Wallahu Alam
    Wassalam

  21. muqoddam ahmad berkata:

    assalamu’alaikum ya akhina iman. salam silaturrahmi. saya minta informasi silsilah nasab mbah pangeran surya bin pangeran padma negara yg di jati negara kaum dong. sebelumnya trima kasih saudaraku

  22. Fachir Azmatkhan berkata:

    Assalamualaikum..wr..wb…
    mohon maaf sebelumnya saya mau menambahkan mahwa raden kanan mempunyai saudara laki-laki bukan 2 orang tetapi 4 orang saudara laki-laki yaitu Raden muhiddin,Raden panji,Raden Antun,Raden Habib,Dan Raden masku serat 2 orang adik perempuan yaitu Ratu Mantri dan Ratu Emuk.
    Terima kasih,,,,,,,wassalam…wr…wb..

  23. raden muh ardian fadilah berkata:

    keturunan pangeran sogiri banyak berada di tanah baru kang

  24. vans berkata:

    ass ikutan mungkin ada yang tahu R Buntaran Cilueur Bogor

  25. R.kamaludin berkata:

    ktrunan pngeran jketra+sogiri sngnt bnyk dn trsbr luas dimanapun, mngkn saat ini kt tdk tau st sm lain,a kt tdk bleh bngga akn ktrnn, kt mesti,a malu.. klo kt mrs ktrunan,a sharus,a kt mnjdi panutan bg yg lain,a.
    wslm.

  26. Abdulrachman Syaleh berkata:

    salam..karunya nu tos teu aya incuna raribut ngaran..kunaon mantak parem obor,,tah kieu jadi gareude hulu.

  27. R.Muh. Amin berkata:

    Aswrwb. Bade tumaros panginten aya nu terang trah kaluhurna RH. panji bojong gede, apakah ka raden kan’an sanes trah kaluhurna ? Jazakumullaah kanu tos bade uningakeun ka sim kuring anu dho’if

  28. dudung berkata:

    saya mohon info RH.Mohammad Tohir bin tumenggung wiradireja..087872007494

  29. naqeb berkata:

    Assalamu’alaikum…

  30. naqeb berkata:

    Assalamu’alaikum…
    Neng maaf klw bleh tau,R.kan’an punya putra berapa ya…
    Sateu acana hatur nhun atas jawabanya…

    • rd. nurfadhil berkata:

      wslm wr wn.. anaknya r. kan’an ada 12.. yang putra/laki ada 7

      • naqeb berkata:

        Htur nuhun neng infona…nepangkeun ana jg msih keturunan nya beliau
        Dari catatan silsilah ana cuma tercatat 4 ana dari R.madhur bin R.kan’an
        Termasuk kakek nya Rhoma irama dari ibu nya(R.hj.tuti binti R.ahmad suganda bin R.mahmud bin R.madhur bin R.kan’an…

  31. naqeb berkata:

    Klw mw ngedaftarin silsilah kmna ya…? Bayar gk…
    Htur nuhun…hapunten bilih aya kalepatan…

  32. arya berkata:

    maaf mas iman setau saya dari informasi keluarga asogiri tn.baru bogor,bukan raden kan’an yg adu tanding dengan mbah khaer tp generasi setelahya yaitu antara keturunan rd.kan’an dengan murid mbah khaer yg da di tarikolot bogor…itupun sama2 menggunakan jurus cimande..ternyata diantara guru mbah khaer ialah putrany rd.kan’an(saya lupa namanya)…mbah khaer sendiri sbnarny msh keturunan dari banten yg wktu kcil diangkat anak oleh rd rangga..wallohu a’lam…

  33. edi darma berkata:

    asalmualikum mohon dibantu, apakah abah tau silsilah Raden jaya disastra atau org diskitar sering mnyebutnya (Raden panji ) bin wijaya kusuma yang makamnya terletak dibojong gede.. apakah ada kaitannya dengan raden kan’an..?

  34. ahmad baihaqi berkata:

    Numpang nanya bang istri rdn guru syariun d tegalparng siapa namanya dan nama anknya siapa .

  35. ahmad baihaqi berkata:

    Mau nanya bang istri guru syariun d tegal parng siapa namanya dan nama anaknya siapa saja dan ada brapa

  36. ibrohim berkata:

    banyak orang” yg mengaku keturunan inilah itulah, mungkin iya d antara kalian ada yg keturunan,, tpi jangan jadikan itu sbagai ajang untuk pamer, untuk ksombongan, tpi jadikan itu sbgai plajaran, sbgai penyamangat untuk kita, agar lbih d tingkatkan lg ibadah kita, karna yg kalian bahas itu orang” yg mulia, yg hidup d jalan Allah, yg menegakkan Agama Allah, yaitu agama Islam,
    jadi marilah kita sama” meneruskan perjuangan Beliau” d jalan Allah, menegakkan agama Allah,, tak peduli turun an siapa, yg jelas kita semua saudara seketurunan Nabi Adam AS,.

  37. ibrohim berkata:

    sya yakin dengan kita meneruskan perjuangan Beliau di jalan Allah, Insyallah Beliau pun akan senang dan mendoakan kita di Alam Nya,, dan sya yakin itu yg d harapkan Beliau dari anak cucu keturunan,
    Ane sendiri dar.
    i Cirebon, mohon maaf kalau ada salah kata, kekurangan hanya milik kita”Manusia”, kesempurnaan hanya milik Allah SWT.
    Wassalam.

  38. Iam berkata:

    Kl ķbht keluarga besar haji tohir yg di sukaraja…nasab siapa?

  39. jamaluddin sageri berkata:

    ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

    Mohon merujuk ke lembaga pusat(jati negara kaum)/daerah ahli waris(turunan) terlebih dahulu sebelum memposting.
    & utk nasab guru syariun lebih baik bertanya langsung ke jati negara kaum yg mana disana ada pengurus data2 silsilah jalur Raden Koyong , Raden Mamak & Raden Jiddin.

  40. bery berkata:

    Maf saya dari cijujung sukaraja…

    Di daerah situ ada makam raden yg entah silsilahnya dari mna dan sudah banyak keturunannya di situ …

    Ane minta info dong ada gak keturunan dari asogiri atau dari tanah baru yg berkelana ke daerah cijujung sukaraja??

    • Ahmad Riyanto berkata:

      Wkwk Gua tau itu makamnya dimana,namanya R.Hasan bukan? Kalau lebaran Gua seeing kesitu,bener ga ya itu makam kakek Gua,, 😕🙀 keturunan siapa siapanya Gua pernah dikasitau,Dan Gua sih bodoamat,daripada salah,iya mending diem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s