Perluasan Pabrik PT Nutrifood Tunggu Amdal

Sidak komisi ABOGOR – Pengaduan warga kompleks Wana Mulya Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Bogor Timur terkait rencana perluasan pabrik PT Nutrifood ditindaklanjuti Komisi A DPRD Kota Bogor.

Dari hasil peninjauan Komisi A ke lokasi hari Selasa (31/7) lalu, menegaskan bahwa warga tidak perlu khawatir perluasan pabrik PT Nutrifood akan menimbulkan banjir. Sebab pembangunan perluasan pabrik belum dilakukan sama sekali. Rencananya, pembangunan dan penelitian diserahkan pada konsultan ahli.

“Saat ini yang berjalan adalah tahap pembangunan talud untuk memperbaiki aliran sungai yang awalnya berbelok dan pembuatan penahan longsor,” terang anggota Komisi A Iman Nugraha kepada Radar Bogor belum lama ini.

Selain mengunjungi lokasi perluasan, wakil rakyat dari FPKS ini juga menuturkan bahwa Komisi A juga telah memantau faktor kebisingan pabrik seluas 5 hektar tersebut. “Bangunan yang menyimpan mesin produksi makanan dan minuman, ternyata tidak bising dan tidak mengganggu meskipun hanya ada pagar tembok berukuran 3-4 meter yang membatasi pemukiman dan wilayah pabrik,” ujarnya. Pada kesempatan itu, Komisi A juga sempat mempertanyakan persoalan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

Sementara itu pihak PT Nutrifood yang diwakili Manajer Senior Susilo mengatakan, proyek pembangunan belum dilaksanakan sampai dokumen amdal yang disusun selesai. Bahkan, lanjutnya, pembebasan lahan untuk pembangunan seluas 3,2 hektar sudah tuntas dari dua warga yang memiliki lahan tersebut. “Diantaranya, satu warga yang memiliki tanah seluas 3,2 hektar dan satu lagi 3000 m2. Jadi pembebasan lahan untuk perluasan pabrik sudah tidak ada kendala lagi,” tukasnya.

Tentang masalah limbah, lanjut Susilo, pihaknya menggunakan teknologi tinggi untuk pengelolaan limbah sehingga tidak mencemari lingkungan di sekitar pabrik. [Radar Bogor, 6 Agustus 2007]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Catatan Dewan, Kliping. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s