Mundur atau Non Aktif dari Jabatan

BOGOR – Kekhawatiran terganggunya pelayanan dan kinerja aparat pemkot Bogor karena persaingan pejabat yang akan ikut dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2008, menuai tanggapan dari anggota legislatif Kota Bogor.

Anggota Komisi A DPRD Kota Bogor Iman Nugraha yang dihubungi Radar Bogor via ponselnya mengatakan bahwa seharusnya pejabat yang mencalonkan diri untuk maju dalam pilkada, sejak mendeklarasikan diri maka saat itu juga yang bersangkutan harus mundur dari jabatannya.

Kenapa demikian? “Karena aturan sekarang yang diberi waktu enam bulan sebelum masa pencoblosan untuk mengundurkan diri terbilang lemah yang berakibat pada terjadinya tarik menarik birokrat dan dukung mendukung pejabat A dan pejabat B,” tambahnya.

Sehingga, lanjut dia, kondisi itu menurunkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga akan terjadi proses mutasi like or dislike bukan atas dasar meritisme (sistem profesional) dalam rangka memperkuat dukungan.

Bahkan, kata politisi dari FKS ini, lemahnya peraturan yang mengatur tentang pejabat yang ikut terlibat dalam pilkada juga menyebabkan persaingan yang tidak sehat di kalangan birokrat sendiri.

“Jadi untuk menghindari hal itu, sejak awal pejabat yang ikut maju dalam pilkada sebaiknya legowo mengundurkan diri. Apalagi, kelemahan aturan itu membuat banyak pejabat yang memanfaatkan celah,” jelasnya.

Oleh sebab itu, tambah dia, tak hanya diperlukan perubahan sistem aturan yang ingin mencalonkan diri dalam ajang pilkada tapi juga reformasi birokrasi agar tidak terjadi kubu-kubuan. [Radar Bogor, 22 Oktober 2007]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Catatan Dewan, Kliping, Pemerintahan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s