Minimalisir Volume Sampah Pasar Bogor!

pklBOGOR – Besarnya volume sampah di Pasar Bogor yang harus diangkut petugas kebersihan dari Koperasi Pasar dan Pedagang Suryakencana (Koppas) Bogor mendapat sorotan dari anggota Komisi A Iman Nugraha. Ia mengusulkan agar dilakukan sosialisasi kepada PKL dan pedagang di dalam dan di luar pasar untuk meminimalisir sampah yang semakin meningkat.

“Salah satu solusinya adalah para PKL dan pedagang berupaya mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. Selama ini, barang dagangan berupa sayuran atau buah-buahan yang dibawa ke pasar sering disertai batang atau dahannya. Padahal ketika di pasar, batang dan dahan sering dibuang begitu saja dan tidak dijual. Akibatnya, batang dan dahan tersebut menumpuk di pasar-pasar dan jadi gundukan sampah,” terang Iman.

Seharusnya, lanjut Iman, sejak jauh-jauh hari atau sebelum dibawa ke pasar, para pedagang sudah bisa memilah-milah barang dagangannya. “Yang tidak perlu ya tidak usah dibawa ke pasar. Buang saja di tempat asalnya. Misalnya buah nanas, jagung atau daun pisang atau singkong sudah disortir dan dibuang batangnya karena di pasar tidak diambil atau dipakai,” beber mantan Ketua Fraksi PKS ini.

Dengan upaya ini minimal para pedagang sudah membantu petugas kebersihan dengan mengurangi jumlah volume sampah yang harus dibersihkan dan diangkut setiap hari, ujarnya.

Seperti diketahui, volume sampah dari Pasar Bogor semakin hari semakin meningkat. Sampah di Pasar Bogor dalam sehari bisa mencapai 8 truk atau 56 ton sampah. Bahkan tiga hari menjelang Lebaran kemarin, sampah meningkat menjadi 10 truk per hari, kemudian bertambah lagi pada malam takbiran mencapai 16 truk atau 112 ton per hari. [imngrh]

Tentang imngrh

Gawak artinya adalah Garis Waktu. Kalau di Twitter disebut dengan Timeline (TL). Blog ini merupakan kumpulan tweet yang isinya bermacam-macam topik/tema tentang apa saja yang menarik untuk ditulis. Penulis @imannugraha
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Catatan Dewan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s